Menu

Pembinaan Disiplin Santri Dalam Adab Berpakaian

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

(Serang/Nurul-Ilmi.Com) Generasi muda merupakan aset bangsa yang perlu di bina dan ditingkatkan kualitas pembinaannya dalam mengembangkan mental, fisik, disiplin, pengalaman dan keterampilan. Islam juga sangat menganjurkan kepada umatnya untuk selalu tampil rapih dan bersih dalam kehidupan sehari-hari karena kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Hal tersebut berkaitan dengan adab dalam berpakaian santri. Seluruh santri Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 diwajibkan menggunakan pakaian yang rapih, bersih, panjang dan tidak ketat. Para santri menggunakan pakaian tidak dengan semena-mena melainkan harus mengikuti jadwal berpakaian dalam kesehariannya. (22/12)

Untuk santriwati pada hari senin s/d rabu menggunakan atasan panjang dan rok panjang, pada hari kamis s/d jum’at menggunakan pakaian atasan panjang dan celana bahan panjang, kemudian pada hari selanjutnya sabtu s/d minggu menggunakan pakain resmi di pondok yaitu gamis.

Begitupun dengan santriwan yang tidak jauh berbeda menggunakan pakaian koko, celana bahan panjang, kaos berlengan panjang dan trening ketika sedang berolahraga. Tak lupa pula dengan peci dan kerudung yang dikenakan untuk menutup aurat kepala.

“ Makan,minum, dan berpakaian itu janganlah berlebih-lebihan tetapi sederhana saja, dan kesederhanaan itu bukan berarti miskin. Tapi justru dengan adanya kesederhanaan dapat menjaga kita agar tidak tumbuhnya rasa sombong ” Ujar Ust.Hasyim Abdul Jamil selaku Biro Pendidikan.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait