Menu

Pembekalan Amalia Tadris Santri Kelas XII MA

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Acara Pembekalan Amalia Tadris Santri Kelas XII MA
Acara Pembekalan Amalia Tadris Santri Kelas XII MA

Rabu, 20 Januari 2016 Pondok Pesantren Darunnajah Cipining selenggarakan kegiatan Pembekalan Amalia Tdris (Ujian Praktik Mengajar) bagi santri kelas akhir atau yang akrab disebut Niha’i. pembekalan ini diagendakan berlangsung selama 3 hari terhitung sejak tanggal 20/01/16 – 22/01/16. Acara berlangsung di Aula Kampus 3 yang dimulai pukul 07.00 WIB. Acara dihadiri langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining, Jajaran Kepala Sekolah dan Segenap Dewan Guru.

Acara dibuka dengan lantunan ayata suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh saudara Ahmad Mujahid. Setelah itu disusul dengan sambutan dari Kepala Sekolah MA yakni Ust. Katena Putu Ghandi S.Pd.I dan diakhiri dengan sambutan oleh Pimpinan Pesantren yakni K.H. Jamhari Abdul Jalal Lc. Pembukaan acara diakhiri dengan Do’a yang dibacakan oleh Ust. Fatkhul Mukmin S.Pd.I selaku Kepala Sekolah SMK.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Sosialisasi UPM (Ujian Praktik Mengajar) yang disampaikan langsung oleh ketua Panitia Amalia Tadris 2016 yakni Ust. Zenal Muttaqien S.Pd. adapun beberapa materi yang akan disampaikan dalam pembekalan amalia tadris kali ini adalah:

  1. Metode Pengajaran (Umum)
  2. Format Penulisan I’dad Amalia Tadris
  3. Beberapa Istilah dalam Naq’d Bahasa Arab & Inggris
  4. Sifat Guru Fiqh dan Aqidah serta Metode Pengajarannya
  5. Sifat Guru Tarikh Islam serta Metode Pengajarannya
  6. Sifat Guru Muthola’ah serta Metode Pengajarannya
  7. Sifat Guru Tafsir/Hadits serta Metode Pengajarannya
  8. Sifat Guru Imla’ serta Metode Pengajarannya
  9. Sifat Guru Bahasa Inggris serta Metode Pengajarannya
  10. Sifat Guru Bahasa Arab serta Metode Pengajarannya
  11. Sifat Guru Nahwu serta Metode Pengajarannya
  12. Sifat Guru Mahfudzot serta Metode Pengajarannya

Setelah seluruh materi selesai nantinya para santri akan diberikan waktu untuk membuat RPP dan menghubungi guru bidang materi yang akan diajar. Teknisinya setiap peserta diberikan 1 guru pembimbing. Selain membimbing, para guru yang telah ditunjuk berkewajiban untuk mengevaluasi dan membenarkan I’dad para peserta dan menjadi pengawas dalam setiap peserta yang akan ujian praktik nanti.

(WARDAN/Annisa)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

15 Hari Menuju Ramadhan
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

15 Hari Menuju Ramadhan Apa Persiapan Mu?

Ramadhan sebentar lagi… يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ [البقرة : 183] (Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan