Menu

Pelatihan Pers dan Jurnalistik

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Jakarta/DNkids_ Bertempat di Career Center Pondok Pesantren Darunnajah diadakan pelatihan pers dan jurnalistik selama dua hari  yaitu 22-23 Januari 2011. Kegiatan ini melibatkan seluruh pengurus website Darunnajah Pusat , Darunnajah cabang beserta santri.Tujuan kegiatan ini adalah menambah kemampuan para pengurus website dalam mengolah berita dan menyajikannya dalam laporan yang pantas dibaca dan dipublikasikan di media internet.

Materi diberikan oleh Sri Nanang Septiyono yang berprofesi sebagai wartawan , materi yang diberikan berupa bagaimana menggali ide, mencari materi tulisan , etika penulisan dan teknik reportase.Dalam pelatihan ini dijelaskan ada dua jenis berita yaitu straight news atau tulisan di media yang menampilkan fakta langsung tanpa ada tambahan  dan feature atau penyajian berita dengan bahasa ringan dan ditambahi pengalaman penulis dan gambar. Kegiatan juga di isi dengan latihan langsung menulis dalam waktu 30 menit dengan tema yang sudah ditetapkan.

Materi lain yang disampaikan adalah  bahwa menulis itu mudah apabila kita sudah menyenanginya, diibaratkan seperti menyalakan mobil yang tersendat-sendat akan sangat sulit tetapi bila sudah berjalan tidak akan terasa lagi masalahnya.Dan setiap penulis besar pasti pernah merasakan kebuntuan di tengah jalan ketika menulis tetapi mereka tidak menyerah tetapi terus berusaha sehingga hasilnya dapat dirasakan saat ini seperti JK Rowling penulis Harry Potter.

Semoga pelatihan selama dua hari tersebut dapat menjadi bekal dalam penulisan yang baik sehingga website Darunnajah group dapat memberikan sumbangsihnya dalam dunia pendidikan di dunia maya.(anggra)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Manasik Haji Nurul Ilmi Darunnajah 14

Serang- Haji merupakan salah satu rukun iman yang ke lima. Ibadah yang dilakukan oleh umat muslim apabila ia mampu. Mampu secara jasmana, rohani dan materi.