Pelaksanaan Praktik Mengajar Di Mulai !
Menu

Pelaksanaan Praktik Mengajar Di Mulai !

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 

Ibnu Septian kelas 6 TMI sedang melaksanakan kegiatan Praktik Mengajar
Ibnu Septian kelas 6 TMI sedang melaksanakan kegiatan Praktik Mengajar

Usai pelaksanaan pembekalan praktik mengajar (amaliyah tadris) selama 3 hari, 20-22 Januari 2016. Dilanjutkan dengan praktik percontohan/simulasi oleh 4 santri kelas 6 (enam) TMI, 24-25 Januari 2016. Seluruh santri kelas 6 TMI baik putra dan putri bersiap siap dengan penuh kesungguhan untuk melaksanakan kegiatan praktik mengajar/amaliyah tadris. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan akhir kelas 6 TMI untuk menunjang kemampuan mereka dalam hal didaktik metodik (kemampuan mengajar). Karena salah satu program pendidikan di pesantren Darunnajah Cipining adalah melaksanakan program TMI (Tarbiyatul Mu’allimien Wal Mu’allimat Al-Islamiyah) yaitu program pendidikan untuk calon para pendididik islam. Karena secara dominan para alumni Darunnajah Cipining akan kembali ke masyarakat dan terlibat langsung dalam lembaga-lembaga pendidikan di daerah mereka masing-masing.

Senin, 25 Januari 2016 dimulainya pelaksanaaan praktik mengajar/amaliyah tadris bagi kelas 6 TMI. Acara ini akan berlangsung selama satu pekan ke depan. Banyak hal yang harus dipersiapkan oleh masing-masing peserta, mulai dari mempersiapkan rancangan pembelajaran (RPP), izin dengan guru mata pelajaran yang akan mereka sampaikan ketika praktik mengajar dan berkonsultasi dengan pembimbing.

Dalam kegiatan praktik mengajar ini benar-benar melatih kemampuan mereka dalam mengajar. Termasuk di dalamnya menguji mental dan kesiapan dari masing-masing peserta. Disinilah hal yang membuat peserta kelas 6 TMI panas dingin di buatnya. Namun, siap ataupun tidak siap, mereka harus siap. Karena kegiatan praktik mengajar ini adalah kegiatan wajib bagi santri kelas 6 TMI.

Peserta akan di pantau langsung oleh pembimbing ketika proses praktik mengajar berlangsung. Seusai praktik mengajar, akan diadakan evaluasi bersama oleh kelompok-kelompok yang telah ditentukan. Segala macam kritikan akan disampaikan oleh peserta dari masing-masing kelompok yang berjumlah 10 orang. Baik dalam segi sikap, bahasa yang digunakan, sampai keadaaan murid di kelas sekalipun. Semoga dengan pelaksanaan kegiatan praktik mengajar ini akan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi para peserta sebelum mereka terjun di masyarakat nanti.

(WARDAN/Muhammad Fariz)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait