Menu

Pelaksanaan Praktek Mengajar (Micro Teaching) Perdana Pesantren Annur Darunnajah 8

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Potret Pelaksanaan Praktek Mengajar (Micro Teaching) Perdana Oleh Abin Sholahuddin Santri Akhir TMI 2020. Photo By Annurgraphy

 

Cidokom Pos – (25/01), Alhamdulillah baru saja selesai kegiatan praktek mengajar (Amaliyah Tadris) perdana bagi santri akhir TMI di Pesantren Annur Darunnajah 8. Kegiatan berlangsung di Minihall El-Hamra bagi santri putra dan Aula Satu Dasawarsa bagi santri putri.

Praktek Mengajar sendiri adalah rutinitas tahunan yang diperuntukkan bagi santri akhir TMI sebagai satu paket proses pendidikan santri. Yang dituangkan dalam kegiatan berupa mengajar didalam kelas. Hal ini dibenar-benar bernilai mahal sesuai dengan ciri-ciri pendidikan bernyawa: Egaliter, bertumpu pada proses, dan juga saling tolong menolong. Selain praktek mengajar didalam kelas, santri akhir juga diajarkan darsu naqd. Yaitu pembelajaran mengkritik, dengan cara mengkritik temannya sendiri saat melakukan praktek mengajar. Dengan tujuan melatih santri untuk kritis,tentunya dengan kritikan yang adil dengan niat perbaikan.

Prosesi Kegiatan Darsu Naqd Oleh Santri Akhir TMI Bersama Pembimbing. Photo By Annurgraphy

Kegiatan Amaliyah Tadris sendiri akan berlangsung selama seminggu dimulai dari tanggal 25-30 Januari 2020. Nantinya santri akhir akan dibagi menjadi beberpa kelompok dan akan dibimbimbing oleh guru-guru tahun ke 4-5 pengabdian, karena tidak hanya praktek mengajar biasa saja tetapi bagaimana santri akhir dibina untuk mengetahui bagaimana metode mengajar yang baik dan benar.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, Pesantren dengan alumni-alumninya dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Tentunya dengan pemahaman tentang ilmu agama, yang sangat jarang ditemukan dalam kehidupan masyarakat modern saat ini. Sebagaimana halnya produsen produk, maka produk utama pesantren adalah para santrinya.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Serunya Diskusi Bidayatul Mujtahid Bersama Syaikh Dr. Shawki

Untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya, Sekolah TInggi Agama Islam (STAI) Darunnajah mengadakan diskusi mingguan “Kajian Bidayatul Mujtahid”. Kegiatan yang berlangsung setiap hari Selasa ini menghadirkan pembicara