Pekan Perkenalan Khutbatul 'ArsyPamulang-23 Juni 2014.http//.www.pesantrenmodern.com
Pembukaan Khitbatul ‘Arsy
Pembicara Ust. Irfanudin Kurniawan., S.Th. I

Materi yg disampaikan tentag Kepesantrenan.
Pesantren berasal dari kata Santri, maka pesantren ini adalah tempat tinggalnya santri, sedangan santri dari bahasa sangsekerta santrik yaitu orang yang senantiasa dekat dengan guru,maka dari pada itu perlu dipahami tentang kepesantrenan khususnya kepada anak yang baru masuk ke dalam lembaga Pesantren, untuk anak lama materi kepesantrenan ini untuk mengingat kembali apa pentingnya atau apa tujuan kita hidup dilingkungan pesantren.

Sedangkan untuk memahami tentang Pondok berasal dari bahasa Arab yaitu berasal dari kata “Fundukun” yaitu bemakna Bangunan pesegi empat yg terbuat dari bambu.
ada beberapa hal yang harus ada dalam pesantren, yaitu
1. Ada Kiyai, Pimpinan Pondok
2. Ada Santrinya
3. Ada Asrama tempat tingal santri
sejarah pekembangan pesantren Al Hasanah berdiri pada tahun 2008, dengan jumlah santri 7 orang, meningkat pada tahun 2009 jumlah santri 15 orang, pada tahun 2010 jumlah santri 23 Orang, tahun 2011 jumlah santri 59 orang, tahun 2012 jumlah santri 150, tahun 2013 jumlah santri 154 orang, tahun 2014 jumlah santri 171 orang. melihat perkembangan ini terlihat masyarakat sangat berminat untuk memasukan anaknya untuk belajar dilingkungan Pesantren.
ada beberapa pondok pesantren di indonesia, didalam buku Kh. Sofwan Manaf, ttg “serba serbi pondok pesantren darunnajah dan cabang” pondok pesantren dibagi menjadi 3,
1. pondok pesantren salaf murni
2. pomdok pesantren semi salafi
3. pondok pesantren modern

sedangan sistem cara belajar di pesantren ada 3 metode yaitu
1. Sorogan yaitu cara belajar di pondok salaf dengan sistem santri membawa kitab kepada kiyai dengan satu persaru menghadap guru.
2.Bandongan yaitu dengarkan, kiyai yang membacakan dan santri santrinya mendengarkan dan menyimak.
3. Madrosi atau klasikal yaitu belajar di kelas per kelas.

dengan melihat dua unsur diatas pondok Pesantren Darunnjah 9 memakai sistem pendidikan Modern yaitu dengan sistem kelas perkelas yaitu mengunakan metode modern.
sebagai metode pembelajaran kitab di pondok modern adalah dengan memahamkan kosa kata terlebih dahulu kepada santri, tidak mengartikan apa isi kitab tersebut yg mengunakan bahasa Arab atau tidak menterjemahka kitab tersebut, maka sistem pendidikan didalam metode pembelajaran pondok modern kosa kata yang dipelajari didlam kls bisa digunakan dalam kehidupan sehari hari.
Pondok pesantren adalah Pondok wakaf yaitu lembaga yang diserahkan kepada umat islam.