PEKAN PEMADATAN, KIAT SUKSES MA HADAPI UN
Menu

PEKAN PEMADATAN, KIAT SUKSES MA HADAPI UN

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

WARDAN-Kesibukan santri kelas XII MA Darunnajah Cipining masih terus berlangsung. Setelah usai minggu lalu dengan try out tahap 2, pekan ini, mereka tengah mempersiapkan menghadapi Ujian Nasional dengan program pemadatan yang dilaksanakan secara terpusat di gedung pertemuan.

blank

“Meski UN akan berlangsung mulai nanti tanggal 22 Maret, pekan ini kita selenggarakan pemadatan. Berarti anak-anak memiliki kesempatan 10 hari untuk mempersiapkan lebih baik” tutur kepala madrasah, Ustadz Drs. Abdur Rosyid.

Program pemadatan ini diagendakan dalam setiap sehari, para santri belajar 1 materi. Dimulai pukul 07.30 WIB hingga sholat Dzuhur tiba. Di tengah-tengah pembelajaran, mereka diberikan kesempatan untuk istirahat selama 30 menit mulai pukul 09.30 WIB.

Dalam program pemadatan, 72 santri yang dari 3 kelas ini diharapkan dapat belajar setiap materi dengan tuntas. Dengan mengacu pada SKL dan berlatih melalui pembahasan soal-soal try out dan UN tahun sebelumnya, diharapkan mereka terlatih dengan menjawab soal. Karena, bentuk soal memberi pengalaman yang berbeda daripada dengan terus membaca materi tapi bingung ketika harus menjawab soal.

blank

“Biasanya, para santri merasa bingung harus belajar apa ketika waktu sudah mulai dekat dengan pelaksanaannya tiba. Jangan bingung, salah satu hal yang harus dilakukan untuk menghadapi ujian ya belajar soal. Bisa dari soal-soal tahun sebelumnya, atau soal dari buku ajarnya” ungkap Ustadz Musta’in,

Hal lain yang dibahas adalah teknik menjawab soal secara tepat dan cepat. Karena biasanya para santri saat mengikuti ujian merasa tegang dan hilang kepercayaan dirinya, maka beberapa tips yang dibagikan oleh para pemateri dirasa sangat mereka butuhkan.

Kepala Madrasah juga mengharapkan pada kesempatan ini, selain para memberikan materi juga memberikan motivasi. Motivasi ini diharapkan menjadi kekuatan untuk kesuksesan mereka. Masih harapan kepala madrasah, di depan para santri, beliau menekankan agar mereka dapat menggunakan kesempatan ini secara maksimal dan optimal.

Tidak lupa, dalam rangka memperbaiki niat dan menyempurnakan usaha, saat istirahat tiba, para santri digerakkan untuk melakukan sholat dhuha. Semoga kemudahan dan kesuksesan dapat diraih oleh para santri saat UN nanti. Amin.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Rapat Koordinasi Musyrif Kamar Pengasuhan Santri

Ahad (09/08/2020) Biro Pengasuhan Santri melakukan rapat bersama dengan para musyrif kamar seluruh rayon untuk menyampaikan beberapa poin mengenai peran musyrif sebagai pembimbing kamar setiap

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Tadabbur Al Qur’an, Memetik makna hikmah yang sesungguhnya

يُؤْتِى ٱلْحِكْمَةَ مَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُؤْتَ ٱلْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِىَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ “Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya.