DSCN1095  DSCN1053

Jakarta, Selasa (11/3) mahasiswa PGTK Darunnajah mengadakan observasi ke TK Islam Istiqlal . kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang pembelajaran yang efektif di TK. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun.

                Observasi ini dilaksanakan mulai pukul 07.00-15.00 wib. Dimulai dari briefing, observasi Kegiatan Belajar Mengajar I ( Ikrar, variasi bermain, tadarus, materi pagi)observasi Kegiatan Belajar Mengajar 2 ( Sentra-sentra bermain, pendidikan makan siang), ISHOMA, post test, penjelasan kegiatanbelajar mengajar secara global, diskusi dan terakhir penyerahan sertifikat.

                Yang menarik dari observasi di TK ini adalah cara pembelajarannya yang menggunakan metode belajar melalui bermain intregasi nilai-nilai kehidupan beragama melalui pendekatan sentra. model sentra. Disini ada 10 sentra ( sentra ibadah, bahan alam, main peran makro, peran mikro, balok, persiapan, seni dan kreatifitas, olah tubuh, memasak, dan sentra musik)

                Untuk lebih memantapkan pengetahuan mahasiswa tentang pembelajaran model sentra, maka diadakan diskusi global yang di pandu oleh guru TK Istiqlal, Ibu Siti Julaehah, dan Ibu Tami, disini para mahasiswa sangat antusias memperhatikan dan bertanya.

                Observasi ini memberikan kesan yang positif bagi mahasiswa karena memberikan banyak ilmu pengetahuan, pengalaman dan motivasi untuk menjadi guru TK yang baik.