Muker Mantapkan Gerak Organisasi Santri!

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pengurus OSDC Dan Koordinator Pramuka Optimalkan Musyawarah Kerja

Boleh dibilang pekan ini merupakan Student Organization Weekly. Apa pasal?, ya, karena rangkaian pergantian kepengurusan Organisasi Santri Darunnajah Cipining (OSDC) dan Koordinator Pramuka gugus depan 03.001 dan 03.002 terus berlangsung. Diawali dengan pemilihan ketua, laporan pertanggung jawaban (LPJ), pelantikan, musyawarah kerja (sidang komisi,pleno, paripurna), sosialisasi program kerja ke para anggota dan dipungkasi dengan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Kamis malam Jum’at, 17 Januari 2013 seluruh pengurus OSDC dan Koordinator Pramuka putra telah sampai tahapan Musyawarah Kerja (Muker). Hadir dalam agenda yang berlokasi di masjid baru kampus 3 tersebut Kepala Biro SDM dan Koordinator Bimbingan Konseling, ustadz H. Musthafa Zahir, Lc., S.Pd.I, Kepala Asrama Santri Putra Kampus 1 dan Pembimbing OSDC Putra, ustadz Muhlisin Ibnu Muhtarom,S.H.I, Kepala Asrama Santri Putra Kampus 3, ustadz Syarqi Suganda Sain, S.H.I dan seluruh pembimbing bagian OSDC dan Koordinator  Pramuka.

Dalam sambutan pengarahan, ustadz Muhlisin menjelaskan urgensi musyawarah kerja sebagai langkah awal optimalisasi gerak organisasi. Mengingat hasil muker tersebut akan menjadi semacam ‘panduan sakti’ selama satu tahun masa bhakti. Maka ditekankan pentingnya kesungguhan dan kesabaran dalam menyelesaikan pembahasan point-pooint dalam program kerja harian, mingguan, bulanan, tahunan dan insidental. selanjutnya alumni TMI Darunnajah Cipining angkatan 7 tahun 2000 ini menjelaskan tehnis pelaksanaan musyawarah kerja yang dimulai pukul 20.30 wib. Setiap komisi atau bagian diharuskan menunjuk pimpinan sidang dan notulen.

Ustadz Musthafa mengingatkan agar masing-masing bagian menggunakan diksi (pilihan kata) yang aplikatif. “ Jangan terlalu banyak menggunakan bahasa normativ, hendaknya gunakanlah bahasa yang menunjuk tehnis pelaksanaan!”. Ustadz Amin Songirin Sarim, S.H.I yang notabene sekretaris senior di pesantren Darunnajah Cipining, juga memberikan wawasannya terkait muker ini.

Tidak ketinggalan nasihat dari pembimbing panitia pergantian pengurus, ustadz Cahyono yang menegaskan pentingya semua pengurus mengikuti rangkaian pertemuan  dengan maksimal.Dengan bimbingan para asaatidz, setiap bagian dan komisi membahas tuntas program kerjanya selama 120 menit. Pukul 22.30 wib semua bagian atau komisi kembali merapat untuk melanjutkan sidang pleno.

Sidang pleno dimaksudkan untuk menyampaikan hasil sidang komisi, juga untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari semua bagian atau komisi. Disinilah tampak para santri belajar berfikir secara komperehensif dan holistik serta kritis. Mau dan mampu bekerja sama dengan elemen lain. Juga melatih mereka untuk memberikan masukan positif konstruktif. Para asaatidz juga bersemangat tinggi untuk mengawasi dan membimbing jalanya sidang ini. Sesekali mereka mengoreksi kesalahan yang dirasa cukup fatal akibatnya jika tidak disampaikan.

Tepat pukul 00.03 wib seluruh bagian OSDC yang berjumlah 12 bagian dan Koordinator Pramukan yang berjumlah 6 bagian telah selesai membacakan program kerja dan mamasukkan revisi  dari sidang pleno. Seluruh berkas musyawarah segera dikumpulkan oleh sekretaris untuk dirapikan dan menjadi bahan sosialisai program kerja kepada para anggota.

Pada pertemuan tersebut juga dibacakan 10 personalia pengurus OSDC yang ditempatkan di asrama putra kampus 1, hal mana di sana tempat tinggal santri baru kelas 1 TMI/VII MTs dan Intensif. Sementara santriwan kelas 2-6 TMI/ VIII MTS – XII MA sudah menempati asrama kampus 3 sejak awal tahun pelajaran 2012-2013. (WARDAN/Abu Ezzat El Wazira).

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Nasihat Untuk Guru Baru 2020

via IFTTT NASIHAT DAHSYAT PA KYAI UNTUK CALON ALUMNINasihat Syeikh Dr. Sa’ad bin Nashri As Syatsri untuk Santri[Celoteh Santri] Nasihat ketua JQ kepada anggotanya[Celoteh Santri]