Menu

Motivasi Kunci Kesuksesan

motivasi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan
Motivasi Kunci Kesuksesan

MOTIVASI KUNCI KESUKSESAN

dalam melakukan suatu hal atau untuk membangkitkan kembali orang yang sedang jatuh sehingga membuat dirinya mudah menyerah sampai putus asa serta tidak ada niat untuk bangkit kembali.

Apa pengertian Motivasi menurut Bahasa ?

Motivasi berasal dari bahasa latih ‘Movere’ yang artinya menggerakkan.Motivasi Berasal dari Bahasa Inggris ‘Motivation, yang artinya sebuah dorongan untuk melakukan suatu hal.

Pengertian Motivasi menurut para Ahli ?

Menurut seorang ahli yang bernama Weiner pada tahun 1990 motivasi diartikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan atau menguatkan seseorang untuk melakukan suatu tindakan, mendorong demi mencapai tujuan tertentu, dan tetap membuat kita tertarik atau bersemangat dalam melakukan aktivitas kembali.

Menurut seorang ahli bernama UNO pada tahun 2007 Motivasi diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal yang dikondisikan dengan apa adanya, kemuan yang tinggi, sebuah harapan, kesungguhan demi menggapai cita-cita yang diinginkan.

Menurut Imron pada tahun 1966, menjelaskan bahwa motivasi berasal dari bahasa inggris ‘Motivation’ yang berarti dorongan untuk melakukan suatu aktivitas hingga mencapai tujuan yang diinginkan.

Dari seragkaian pengertian diatas, disimpulkan bahwa motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan dan menghentikan suatu aktifitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan.

Tujuan dan Manfaat Motivasi Motivasi Kunci Kesuksesan

Adapun tujuan dan manfaat motivasi bagi manusia, antara lain :

  1. Mendorong gairah dan semangat kerja
  2. Meningkatkan produktifitas
  3. Meningkatkan kedisiplinan
  4. Menciptakan hubungan pertemanan dan suasana yang baik
  5. Meningkatkan kreatifitas
  6. Mempertinggi rasa tanggung jawab

Siapa Saja yang Dapat Memberi Motivasi Kunci Kesuksesan ?

Setiap orang yang sedang jatuh dari suatu keinginan pasti membutuhkan sandaran untuk menguatkan diri mereka masing-masing, kemudian membutuhkan orang lain untuk mendengarkan keluh kesah serta apa yang seseorang sedang rasakan.

Faktor-Faktor Motivasi Kunci Kesuksesan 

Motivasi sangat berpengaruh terhadap seseorang,karena menjadi penguat diri seseorang ketika sedang jatuh dan hampir putus asa karena ketidakberhasilan dengan apa yang seseorang ingin capai

Faktor motivasi terbagi menjadi dua, Antara lain :

  1. Motivasi Intern

Motivasi intern adalah motivasi yang tercipta dari bagian dalam, yang masih terikat hubungan darah dengan seseorang tersebut, Seperti :

  1. Keluarga

Keluarga sangat berperan penting dalam memberi motivasi karena keluarga seperti orang tua serta kakak atau adik karena berkat dukungan mereka sangat berpengaruh besar karena keluarga adalah orang yang mengetahui keadaan kita, kondisi kita.keluarga bisa mengetahui dari wajah kita senang atau seding, bisa mengetahui kalau seseorang sedang mengalami kegagalan dll.dengan keluarga kita selalu dibimbing ketika akan melakukan suatu kegiatan, diarahkan jika kita sedang berbeda dengan apa yang kita inginkan, dinasehati jika kita melakukan kesalahan, dan yang paling utama kita diberikan motivasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebelumnya.

  1. Diri Sendiri

diri sendiri sangat berperan penting terhadap proses terjadinya motivasi.Karena walaupun ada dukungan dari orang lain seperti keluarga dan kerabat tidak akan sama halnya jika bukan diri kita sendiri yang memotivasi.Jika banyak orang disekitar kita memberi motivasi dan kita tidak melakukan tindakan apapun,sama saja.Jika ada seseorang memberi motivasi, kita juga harus memotivasi diri sendiri agak tidak melakukan suatu hal dengan malas-malasan.kesuksesan tergantung pada diri kita sendiri bukan tergantung orang lain.kita yang melakukan,kita yang bangkit ketika kita jatuh,kita yang harus bersungguh menggapai cita-cita yang diinginkan,bukan orang lain.

 

  1. Motivasi Ekstern

Motivasi ekstern adalah motivasi dari bagian luar, yang masih terikat hubungan antara yang  a.    Kerabat

Kerabat atau lebih dikenal dengan istilah sahabat.Sahabat adalah orang yang dekat dengan kita walaupun tidak ada ikatan satu darah tetapi bisa mengetahui keadaan kira,kondisi kita disaat senang atau sedih, disaat kita mengalami kegagalan, sahabat lah yang selalu menguatkan dan memberi motivasi kepada kita.

  1. Lingkungan

Lingkungan disekitar pun juga sangat berpengaruh.Jika kita terjatuh ada orang yang membantu kita untuk bangkit dan berdiri lagi.

  1. Guru adalah orang yang menggantika posisi orang tua ketika kita tidak dirumah.sama hal nya dengan orang tua, guru juga selalu memberikan motivasi, membangkitkan ketika jatuh, memberi semangat agar kita tidak melakukan suatu hal atau tindakan dengan tidak bermalas-malasan.
  2. Ejekan atau Hinaan

Sering kali kita berangan-angan mempunyai cita-cita yang tinggi, seperti kuliah di luar negri, bercita-cita menjadi presiden atau orang penting lainnya.terkadang teman kita tidak memahami dengan apa yang kita inginkan sehingga teman kita tertawa dan berkata ‘ah cita-cita mu terlalu tinggi’ kadang perkataan teman tersebut membuat kita tidak percaya diri dan mudah putus asa, tetapi jika melakukan seperti itu,salah.Seharusnya, biarkan orang berkata apapun tentang cita-cita kita.entah hinaan,ejekan dll.karena hinaan sert ejekan mereka itu adalah motivasi bagi kita untuk bisa menggapai cita-cita tersebut.jangan dengarkan dan hiraukan perkataan yang hanya menjatuhkan dan meremehkan agar kita mudah menyerah dan putus asa.

 

Bagaimana kita bisa menyampaikan Motivasi kepada orang lain ?

Sering kali bukan hanya kita yang mengalami kegagalan,tetapi orang lain juga bisa merasakan hal yang sama dengan apa yang kita rasakan.kadang seseorang juga membutuhkan motivasi agar orang tersebut bisa bangkit kembali dan belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya

Cara-cara memotivasi orang lain, Antara lain :

  1. Memberi semangat
  2. Memberikan motivasi dan menasehati agar tidak terjadi lagi untuk kedua kalinya
  3. Mengingatkan bahwa meraih kesuksesan tidak hanya dengan berpangku tangan saja

Kapan Seseorang Harus diberikan Motivasi ?

Seseorang diberikan motivasi ketika seseorang sedang mengalami kegagalan dalam suatu hal, tidak percaya diri dengan apa yang ingin dilanjutkan selanjutnya,mudah menyerah dalam melakukan suatu hal dan berujung pada putus asa.

Contoh Motivasi yang sering diberikan kepada santri ?

‘’You Can If You Think You can’’

‘’Man Jadda Wajada’’

Contoh-Contoh Motivator Islam di Indonesia ?

  1. Ust Hannan Attaki
  2. Mario Teguh
  3. Ippho Santosa
  4. Jamil Azzaini

Dengan menjadikan motivasi kunci kesuksesan kita bisa menggapai cita-cita yang diinginkan, membanggakan orang tua, mengharumkan nama bangsa, membuktikan bahwa kita anak muda Indonesia bisa dikenal orang bahkan ke negara lain.tetapi,dikenal dengan ilmunya bukan dengan kenakalannya.

 

Kunjungi Kami : https://www.facebook.com/almanshurdn3/?ref=br_rs

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Informasi Perubahan Kalender Pendidikan Tahun 2019-2020 Kelas 3 TMI Darunnajah Jakarta

Perihal  : Informasi Perubahan Kalender Pendidikan  Tahun 2019/2020                                  31 Maret 2020                                                                 Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua Santri Kelas III