Kecakapan dalam membaca simbol semaphore menjadi syarat untuk memulai kegiatan wide game jelajah alam.  Regu yang dapat membaca semaphore dengan cepat dan tepat akan berangkat lebih dulu. 

Berawal dari pos I yaitu pos kecakapan kecepatan dalam estafet tongkat dalam ban, kemudian dilanjutkan dengan pos II yaitu pos membaca sandi kotak.  Selanjutnya para peserta perjumsa menyusuri kebun dan sawah warga untuk mencari pos III yang tugasnya adalah kecepatan dan keterampilan membuat tandu. 

Kembali para peserta menyusuri pematang sawah yang licin karena embun pagi untuk dapat sampai ke pos IV yaitu pos ketahanan fisik dalam merayap dalam air sungai dan menaiki tanjakan yang terjal. 

Cukup jauh dan melelahkan rutenya, menurut pak Asro rute jelajah alam kali ini yang terjauh dari perjumsa perjumsa sebelumnya.  Menurut perkiraan rute yang dilalui mencapai 5 kilometer lebih. 

Regu yang sudah finish sampai pos terakhir adalah regu Aster,  regu Lavender,  regu Lily,  regu Sakura, regu Melati, regu Laba laba,  regu Scorpio, regu Gagak,  regu Garuda, regu Cobra, regu Banteng, regu Kijang,  dan regu Macan.