Hadits Tentang Menjaga Lisan Dan Perbuatan Munkar
Menu

Hadits Tentang Menjaga Lisan Dan Perbuatan Munkar

Hadits Tentang Menjaga Lisan Dan Perbuatan Munkar

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Hadits Tentang Menjaga Lisan Dan Perbuatan Munkar
Hadits Tentang Menjaga Lisan Dan Perbuatan Munkar
Artinya:
Dari Abdullah bin Amr  r a berkata: Rasulullah Saw. ” bersabda: “Orang muslim yang baik adalah yang muslim lainnya aman dari ganguan ucapannya dan tangannya dan orang yang Hijrah (tergolong kelompok Muhajirin) adalah yang meninggalkan apa apa. yang dilarang Allah”

Penjelasan:

Hadits tersebut menjelaskan sifat-sifat yang mulia sebagai sarana untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat, di antaranya lslam dan hijrah. Pengertian lslam ialah penyerahan diri kepada Allah, ikhlas dalam beribadah dan melaksanakan hak-haknya dan hak-hak orang lslam alinnya. Keislaman seseorang tidak akan sempurna hingga ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri. Hal itu tidak dapat diwujudkan kecuali kalau ia dapat menjaga lisan dan perbuatannya untuk tidak menyakiti muslim lainnya. Sedangkan pengertian hijrah adalah orang yang mau meninggalkan perbuatan-perbuatan dosa, maksiat dan menjauhkan segala perbuatan yang tidak disenangi Allah swt.

jangan lupa untuk mengunjungi sekolah tinggi islam darunnajah

Kesimpulan:

  1. Larangan untuk berbuat keburukan kepada sesama muslim baik dengan tangan dan lisannya.
  2. Contoh dari perbuatan buruk dengan lisan adalah memanggil dengan gelar yang tidak pantas, gibah, adu domba dan pengumpat. Sedangkan contoh berbuat buruk dengan perbuatan adalah mendiamkannya selama 3 hari
  3. Hijrah terbagi dua: hijrah dalam .makna umumnya yaitu meninggalkan suatu tempat ke tempat yang lain. Sedang hijrah dengan makna khusus adalah meninggalkan’apaapa yang dilarang Allah.
jangan lupa untuk membaca ini

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Rapat Koordinasi Musyrif Kamar Pengasuhan Santri

Ahad (09/08/2020) Biro Pengasuhan Santri melakukan rapat bersama dengan para musyrif kamar seluruh rayon untuk menyampaikan beberapa poin mengenai peran musyrif sebagai pembimbing kamar setiap

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Tadabbur Al Qur’an, Memetik makna hikmah yang sesungguhnya

يُؤْتِى ٱلْحِكْمَةَ مَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُؤْتَ ٱلْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِىَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ “Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya.