Bagaimana Cara Mengkritik Anak Dengan Baik

berikan kritik kepada anak dengan membangun mental anak

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Bagaimana cara memberikan kritik kepada anak dengan baik tampa menimbulkan luka batin dan berpengaruh baik terhadap dirinya.

berikan kritik kepada anak dengan membangun mental anak
berikan kritik kepada anak dengan membangun mental anak

Karena tampa kita sadari perkataan kita yang lembut dalam mengkritik apa yang anak kita lakuakan belum tentu diangapnya sebagai kritikan, bahkan sebaliknya bisa jadi dia angap perkataan kita sebagai kritikan yang keras buat dirinya.

Peretama, berilah penjelasan yang baik

Berikan kritik yang membangun kepada anak
Berikan kritik yang membangun kepada anak

Pertama, berilah penjelasan yang teliti penjelasan yang baik, tidak melampaui batas dan sesuai dengan keadaannya. Kalau kita menyalahkannya dengan berlebihan akan menimbulkan rasa salah dan rasa malu dalam dirinya.

Kedua, berilah keterangan yang membuat dia berfikir positif

Berikan motivasi kepada santri dalam memberikan kritikan
Berikan motivasi kepada santri dalam memberikan kritikan

Kedua, berilah keterangan yang membuat dia berfikir positif dan membuat dia optimis bukan penjelasana yang membuat dia  berfikir negatif  dan merasa jatoh tidak semangat lagi.

Ketiga, Jangan pernah memaki – maki anak dengan perkataan yang tidak pantas

Ketiga, Jangan pernah memaki – maki dengan perkataan yang tidak pantas, sering kita dengar perkataan orang tua itu adalah do’a ketika apa yang kita katakan kepadanya adalah sebuah do’a yang mungkin akan terjadi kepadanya suatu saat nanti.

Kalau kita berfikir jernih dan perfikir pinter menghadapi hal ini maka kita tidak akan pernah memarahi dengan perkataan yang tidak pantas kita ucapkan.

Trik – trik mendidik santri dengan baik 

Banyak anak di zaman sekarang yang sungkan mengeluarkan bakatnya dan kemampuannya, karena pemikiran orang tua yang terkadang salah dan melarang apa yang anak minati, padahal diusia mereka saat ini merupakan usianya mereka bermain.

Maka salurkan bakatnya kepada yang dia minati, karena waktu mereka untuk bermain tidak terbuang sia – sia dengan hanya menghabiskan waktu saja dengan hal – hal yang tidak berguna.

Di Pondok Pesantren putri Al – Hasanah Darunnajah 9 Pamulang, Proses kegiatan dan mengkritik para santri adalah sebuah pendidikan untuk para santri.

Salurkan bakat santri dengan baik.

Mereka berbuat, mereka menikmati, mereka mengevaluasi kegiatan yang mereka buat, dengan demikain mereka akan termktivasi kembali untuk lebih baik lagi dikegiatan yang mereka lakukan kedepannya.

Hubungi kami !

KLIK DISINI 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detil-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

[Celoteh santri] Detik-detik terakhirDetik-detik menuju UN[Celoteh Santri] Detik-detik UjianDETIK-DETIK MENJELANG UJIAN NASIONAL MTsDetik-Detik Amaliah TadrisDetik-detik Jelang Panggung Gembira Santri Kelas 6 TMIDETIK-DETIK MENJELANG HAFLAHTUT TAKHARRUJDetik-detik