Mendulang Pahala Di bulan Ramadhan

Puasa merupakan menahan diri dari segala yang membatalkan. Dalam artian sebagai umat muslim yang baik kita harus bisa menjaga nafsu kita dari segala godaan yang ada disekeliling, yang dapat membatalkan puasa yang sedang dijalankan. Puasa dapat dikelompokan menjadi dua yaitu ada puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa sunnah merupakan puasa yang mana tidak dilakukan pada bulan ramadhan, bila dikerjakan ia mendapat pahala tapi jika tidak dikerjakan ia tidak mendapatkan dosa. Adapun puasa-puasa yang termasuk puasa sunnah yaitu puasa senin dan kamis, sebagaimana yang dilakukan rosullah selain itu, ada juga puasa daud dan lain sebagainya.

Sedangkan puasa wajib adalah puasa yang harus dilakukan oleh umat muslim dan tidak boleh ditinggalkan, terkecuali jika ada halangan tertentu seperti sakit yang parah, haid bagi perempuan dan nifas setelah melahirkan. Beberapa halangan itu wajib kita mengkodonya, kodo disini artinya umat muslim yang tidak melakukan puasa dibulan ramadhan karena beberapa halangan diatas maka wajib menggantinya setelah masa halangan itu selesai.

Dari abu hurairah ra, Rosulullah SAW bersabda : “Sungguh telah datang pada mu sebuah bulan yang berkah dimana diwajibkan atasmu berpuasa didalamnya yaitu dibulan suci ramadhan yang begitu banyak rahmatnya”.

Jika kamu melakukan ibadah lebih semangat lagi dari biasanya makan ibadah-ibadah yang dilakukan dibulan ramadhan itu akan dilipat gandakan pahalanya. Orang yang berpuasa dengan tulus ikhlas akan dibukakan pintu-pintu syurga untuknya, dan diampuni segala dosanya.

Malam ramadhan adalah malam yang lebih baik dari seribu malam. Dimana para syetan-syetan dibelenggu dimalam itu. Barang siapa yang mengisi malam-malam suci itu dengan beribadah dan berzikir kepada Allah maka, 70 kali lipat pahalanya sama seperti melakukan sholat wajib. Musim kebaikan tahunan ini memang tidak layak untuk dilewatkan begitu saja.

Ramaadhan sering datang dengan tiba-tiba dan berlalu begitu cepat tanpa terasa. Ramadhan merupakan momentum termahal yang pernah kita punya untuk mendulang pahala dan melakukan banyak kebaikan.