Melepaskan Tiga Ikatan Setan Saat Tidur

hari-hari  terselimuti rasa ngantuk dan malas. Malas mengerjakan tugas ataupun kerjaan telebih lagi malas untuk mengerjakan amal Ibadah, rasanya kusam dan tak keruan, apakah sering merasakan hal ini ?

Ternyata, kinerja kita di Siang hari terpengaruhi oleh cara kita bangun pada Pagi hari.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengabarkan jadi ketika seseorang tidur, syetan mengikatkan orang tersebut dengan tiga ikatan. Jika tidak dilepaskan, ikatan-ikatan ini berpengaruh pada jiwa dan semangat. Khususnya semangat beramal.

Melepaskan Tiga Ikatan Setan Saat Tidur

Rasulullah SAW bersabda :

“Ketika kalian tidur, syetan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” …  (HR. Al Bukhari)

Ngeri, ternyata karena hal itulah rasa kantuk dan malas menghantui seharian penuh, karena tidak ada keberkahan di pagi hari yang kita dapatkan.

Syetan semenjak diusirnya dari Surga, selalu berjanji untuk mempengaruhi manusia kedalam hal yang negative, salah satunya menjadikan kita lalai dan menjadi pemalas.

Lalu bagaimana sih cara melepaskan 3 ikatan tali tersebut ? simak hadits lanjutan hadits yang ada di atas.

“…Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi satu ikatan berikutnya. Kemudian jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas.” (HR. Al Bukhari)

Dari hadits diatas cara untuk melepaskan tiga ikatan syetan tidak ada cari lain kecuali mengikuti petunjuk Rasulullah SAW.

1. Bangun dan Berdo’a

Melepaskan Tiga Ikatan Setan Saat Tidur

Pertama adalah, bangun sebelum waktu fajar datang, agar bisa shalat tahajjud dan menunggu azan shubuh dengan khidmat. Setelah bangun jangan lupa untuk membaca Do’a bangun Tidur

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ
“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan (membangunkan) kami setelah mematikan (menidurkan) kami dan kepada-Nyalah kami dibangkitkan” (HR. Al Bukhari)

Dengan bangun dan berdo’a, lepaslah satu ikatan syetan tersebut.

2. Berwudhu

Melepaskan Tiga Ikatan Setan Saat Tidur

Banyak sekali orang, bangun di waktu fajar hanya ingin buang air kecil saja. Setelah itu Tarik selimut dan tidur lagi. Tentu ikatan syetan tidak akan lepas jika kita tidak bergegas.

Seharusnya setelah bangun langsung lawan rasa kantuk dan beranjak mengambil air wudhu, saat terkena air di pagi hari Insya Allah badan kita akan fresh. Dengan melaksanakan cara kedua ini makan lepaslah ikatan syetan selanjutnya.

3. Shalat

Melepaskan Tiga Ikatan Setan Saat Tidur

Minimal kita mendirikan  2 rakaat shalat malam. Jika telah melakukan hal ini, maka 3 ikatan syetan tersebut akan terlepas. Insya Allah hari kita akan terselimuti keberkahan dan dapat menajalankan aktivitas dengan penuh semangat

Mengawali hari dengan hal baik itu penting, jadi jangan sampai bangun tidur malah langsung main handphone. Kerjakanlah apa yang telah Rasulullah contohkan

Wallahu’alam bish shawab
(DN.com/iffa)