Masih Ragu Puasa? Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
Menu

Masih Ragu Puasa? Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Agama Islam berdiri atas lima dasar utama, yakni mengucapkan dua kalimat syahadat yang bersaksi bahwa ttiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, Mendirikan shalat, Mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan melaksanakan haji ke Mekkah.

Definisi puasa secara fiqh adalah menahan, yakni menahan diri dari haus, lapar amarah dan segala yang membatalkannya dari terbitnya fajar kedua hingga terbenamnya matahari karna Allah ta’ala.

Sebagian besar orang menilai puasa hanya sebagai bagian dari kewajiban agama namun hanya sedikit yang tahu manfaat puasa bagi kesehatan. Padahal puasa adalah hal yang sangat baik jika dikerjakan dengan benar.

Dengan berpuasa tubuh kita melakukan proses pembersihan racun dari dalam tubuh, mengurangi gula darah dan lemak. Lewat puasa juga pola makan kita dapat diatur, karna dari kebiasaan makan yang sehat akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut adalah manfaat berpuasa bagi kesehatan

  1. Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung beragam zat yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Racun-racun tersebut sebagian tersimpan dalam lemak. Pada saat puasa, pembakaranlemak akan lebih banyak dari biasanya. Inilah yang membuat puasa  membersihkan racun dalam tubuh kita.

  1. Puasa Mengatasi Peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa membantu menurunkan efek peradangan dan alergi. Beberapa ahli juga menyatakan bahwa puasa dapat meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus besar seperti kolotis ulserativa

  1. Puasa Adalah Diet Sehat

Bisa jadi ini adalah kabar gembira bagi Anda yang sedang ingin memulai proses diet untuk menurunkan berat badan atau kegemukan. Puasa adalah proses diet alami tanpa efek samping bagi orang-orang tanpa riwayat penyakit sebelumnya.

  1. Puasa Dapat Meremajakan Sel Kulit

Manfaat puasa juga bisa kita rasakan untuk kecantikan. Sel-sel kulit yang telah mati perlu diganti atau biasa disebut peremajaan kulit. Kamu dapat melakukannya dengan berpuasa, karena berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh yang berhenti pada saat berpuasa. Hal ini membuat sel-sel dalam tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi termasuk sel-sel kulit.

  1. Puasa Membuat Hati dan Pikiran Menjadi Tenang

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa mereka berlatih untuk menjadi dermawan dan murah hati dengan rajin beramal, mengajak orang lain untuk berpuasa, meningkatkan kualitas ibadah, berdoa dan pengendalian diri untuk berlaku sopan santun. Semua kebiasaan ini membangun perasaan damai, ketenangan dan kepuasan diri.

Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang insya Allah anda dapat ketika berpuasa

 

(DN. COM/danisha)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Pesantren Darunnajah Susun Protokol Menjelang New Normal

Pondok Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabang sedang menyusun protokol kesehatan menjelang New Normal. Seperti direncanakan, pemerintah melalui Kementerian Agama  akan membuka kembali rumah ibadah dan

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Cerita Menarik dibalik Bulis Lail?

Adalah program jaga keamanan pesantren pada malam hari. Kalau di masyarakat biasa disebut ronda malam. Biasanya pada hari-hari aktif tugas mulia ini diamanahkan kepada beberapa