Manasik Haji Santri Baru Tahun Ajaran 2020-2021

Manasik Haji Santri Baru Tahun Ajaran 2020-2021

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Loading...
Loading...
Salah satu pemandangan para santri sedang melakukan tawaf. Tawaf adalah kegiatan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Kegiatan ini menjadi salah satu amal ibadah yang dilaksanakan oleh umat muslim pada saat menunaikan ibadah haji/umroh di Tanah Suci.

Cidokom Pos – Haji merupakan sebuah rukun islam ke-5 dan wajib dijalankan seorang muslim apabila seseorang itu mampu untuk melaksanakanny, baik dalam hal fisik atau pun harta dan yang terpenting adalah keterpanggilan hati untuk melaksanakan ibadah tersebut. Sebelum melakukan haji biasanya rombongan tersebut atau kelompok tersebut yang merupakan masih awam atau baru dalam melaksanakan haji dan belum mengetahui bagaimana tata cara melaksakan rukun islam yang ke-5 ini dituntun dan diajarkan bagaimana cara melakukannya dengan pelatihan haji biasanya disebut “Manasik Haji”.

Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Islam dibangun atas lima hal; bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan sungguh Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji, dan puasa (di bulan) Ramadhan.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim).

Pesantren Annur Darunnajah 8 tak henti-hentinya memberi edukasi kepada para santri lewat beragam kegiatan serta acara yang semua bermanfaat tentunya bagi intelekualitas para santri. Pada pagi hari tepat tanggal 16 Maret 2021 Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 mengadakan aktifitas tahunan bagi anak baru yakni Manasik Haji. Manasik Haji ini diikuti oleh kelas 1 TMI & 1 Intensif. Sejak Pagi hingga pukul 12.00 siang semua santri kelas 1 TMI & 1 Intensif wajib mengkuti kegiatan ini dibimbing oleh Wali Kelas masing-masing. Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar dan sesuai arahan dan bimbingan dari para Asatidz.

Ibadah Sa’i merupakan salah satu rukun umrah yang dilakukan dengan berjalan kaki (berlari-lari kecil) bolak-balik 7 kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya. Kedua bukit yang satu sama lainnya berjarak sekitar 405 meter.

Manasik Haji ini sebagai edukasi bagi para santri umumnya untuk santri baru yang masih awam tentang fiqh ibadah. Dengan diadakan acara bermanfaat seperti ini diharapkan para santri baru mengetahui lebih dalam tentang ajaran islam dan juga tentang makna Haji itu sendiri. Dimulai dari para santri yang dikumpulkan dilapangan Maroko, kemudian para Asatidz memberikan penjelasan dan pengertian tentang haji itu sendiri, kemudian teknis diatur dengan membagi beberapa kloter atau kelompok yang akan dibimbing oleh wali kelas masing-masing setelah itu masing- masing kelompok mengikuti arahan wali kelas. Rute nya pun tak jauh jauh dari Kawasan santri Putra. Ka’bah ditempatkan dilapangan bola, sedangkan padang Arafah ditempatkan dikawasan asrama Tunisia.

Acara ini adalah acara tahunan yang diadakan di pondok ini setiap tahunnya dan sebagai salah satu kurikulum Tarbiyatul Mu’allimin Wal Mu’allimat Al-Islamiyyah dalam mengembangkan intelektual ibadah santri tentunya dalam bidang fiqh agar mengetahui bagaimana tata cara melaksanakan ibadah haji serta paham akan kaidah kaidah dalam ilmu fiqh khususnya mengenai haji serta dapat & mampu menghafal doa-doanya dalam melaksanakan ibadah haji & umroh.

Loading...

Loading...

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Info Lainnya