Malam Minggu Semangat Baru
Menu

Malam Minggu Semangat Baru

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

‘’malam minggu kita muhadloroh, menyaksikan ukhti i berpidato.. …. bersorak-sorak, beramai-ramai, diacara muhadloroh……!!!’’

Yel-yelan ini terdengar meriah dinyanyikan oleh Santriwati Darunnajah 2 Cipining. Kegiatan yang rutin diadakan setiap dua kali dalam satu minggu yakni Malam Minggu Dan Rabu Siang setelah belajar formal di kelas. Kegiatan ini mampu melatih mental dan mengasah kemampuan dalam berbahasa khususnya. Dengan demikian, agar para santri juga mampu berbicara di depan umum dan mendorong Santriwati untuk berbahasa. Karena pada kegiatan ini melibatkan bahasa resmi pondok yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Seluruh santri sering menyebutnya dengan nama ‘’Muhadloroh’’ yaitu kegiatan yang selain melatih mental dan mengasah kemampuan dalam berbahasa juga melatih santri untuk menjadi orator atau pembicara yang hebat nantinya. isnyaAllah

Nah, muhadloroh kali ini sangat berbeda dengan muhadloroh yang biasanya. Mengapa demikian? Karena, muhadloroh kali ini dilaksanakan secara jama’ah (bersama-sama). Santriwati yang mengikuti dari berbagai tingkatan diantaranya kelas 1-2/VII-VIII Mts dan 4-5/X-XI MA. Dilaksanakan secara jama’ah (bersama-sama) ini untuk membuka kembali kegiatan yang sudah hampir dua minggu lamanya berhenti karena Ujian Mid Semester. Adapun petugas dalam muhadloroh ini dari kelas VII dan VIII MTs. Sedangkan untuk MA mengawasi dan mengontrol kegiatan ini sampai dengan selesai.

Muhadloroh akbar (besar-besaran) sangatlah ditunggu-tunggu oleh para santriwati karena didalamnya terdapat suasana yang meriah (menyuarakan yel-yel), menegangkan (dag-dig-dug saat ditunjuk untuk menyampaikan apa yang telah disampaikan oleh orator atau santri menyebutnya istinbat) dan lainnya seperti terjadi malam ini, sabtu 29 maret 2014. Kegiatan ini berakhir tepat pukul 09.30 WIB.

Setelah usai kegiatan, santriwati langsung kembali menuju kamar masing-masing untuk beristirahat dan agar dapat melanjutkan kegiatan lainnya di esok  hari. Dengan kegiatan-kegiatan yang menarik dan mengandung unsur pendidikan.

(Zulfa XI B/Adawiyah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait