Kabar ujian juga datang dari MA Darunnajah Cipining yang sedang menyelenggarakan ujian akhir madrasah (UAM) dan dilanjutkan dengan UAM berstandar nasional (UAMBN). Ujian dilaksanakan selama 9 hari berturut-turut dari tanggal 12 lalu dan akan berakhir pada 21 Maret yang akan datang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ujian dikonsentrasikan di kawasan kampus 2.

Ujian ini diikuti oleh seluruh santri kelas XII yang berjumlah 67 orang. Mereka ditempatkan dalam 4 ruang dengan guru pengawas sebanyak 8 orang setiap harinya. Sedangkan seluruh guru yang terlibat di dalam ujian ini sebanyak 24 orang.

Kepala madrasah, Ustadz Musthofa Kamal, M.Ag menjelaskan bahwa UAM meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, PKn, dan lainnya. Sedangkan untuk materi UAMBN adalah materi khas madrasah seperti Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlaq, Fiqih, Bahasa Arab, dll.

Selama ujian berlangsung, para santri mendapatkan pengawasan langsung dalam hal belajar dari para pembimbing dan kepala madrasah. Semoga sukses para santri!!! (Wardan/Billah).