Setiap muslim dan muslimah diperintahkan untuk menuntut ilmu, karena dengan menuntut ilmu mereka akan mengetahui tentang agama Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, seorang muslim tidak akan biasa melaksanakan agamanya dengan benar jika tidak berdasarkan Al-qur’an dan As-sunnah. Agama Islam adalah agama ilmu dan amal karena Nabi saw. diutus dengan membawa ilmu dan amal shalih.

Salah satu yang terpenting dalam kehidupan seorang muslim ialah ilmu yang bermanfaat, karena ilmu yang bermanfaat dapat diketahui dengan melihat pemilik ilmu tersebut, diantara tanda-tandanya adalah:

  1. Orang yang ilmunya bermanfaat tidak akan  peduli terhadap keadaan dan kedudukan dirinya, serta dalam pribadi mereka membenci pujian dari manusia, tidak membanggakan diri dengan ilmu yang dimilikinya.
  2. Pemilik ilmu yang bermanfaat, apabila ilmunya bertambah, bertambah sikap tawadhu, rasa takut, kehinaan dan ketundukan dihadapan Allah swt.
  3. Ilmu yang bermanfaat mengajak pemiliknya menjauhkan diri dari gemerlapnya kehidupan dunia seperti kedudukan, ketenaran, dan sanjungan.
  4. Pemilik ilmu yang bermanfaat tidak akan pernah membanggakan dirinya kepada orang lain, dan tidak pernah berkata bodoh kterhadap siapapun kecuali terhadap seseorang yang jelas-jelas menyalahi syari’at Islam dan umat Islam. Ia akan marah terhadap dirinya sendiri karena ada seorang yang menyalahi syari’at, dan bukan bermaksud meninggikan kedudukan dirinya.
  5. Pemilik ilmu yang bermanfaat akan beramal atas dasar ilmu dan telah jelas kebenarannya baginya, inilah Rasulullah saw. bukan jalan orang-orang yang sesat dan mendapatkan kemurkahan Allah lantaran mereka beramal tanpa ilmu atau mengetahui ilmu namun tidak mengamalkannya.

Demikianlah tanda-tanda ilmu yang bermanfaat yang bisa kita ungkapkan semoga kita termasuk orang-orang yang bias mempelajari, mengamalkan dan mendakwahkan ilmu.

Farhan Kamilullah, S.H.I./DJ