Mungkin banyak sekali yang bertanya tentang kenapa sihh kita harus makan maupun minum secara duduk ???. Yuk kita kupas secara tuntas tentang larangan makan dan minum secara berdiri.

hikmah minum dan makan secara duduk

hikmah minum dan makan secara duduk

Dalam sebuah riwayat sahabat Anas bin Malik menyebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang minum sambil berdiri. Qatadah menjelaskan, “Lalu kami bertanya, ‘Kalau makan?’ Beliau bersabda, ‘Kalau makan (sambil berdiri) maka itu lebih buruk dan keji’.” (HR. Muslim)

Para dokter dan para peneliti menjelaskan bahwa minum dan makan sambil duduk lebih menyehatkan, aman, enak, dan menjaga kehormatan. Sebab, apa yang dimakan dan diminum sambil duduk akan melewati dinding perut dengan pelan dan lembut. Sedangkan, minum sambil berdiri menyebabkan jatuhnya air ke dasar perut dengan keras dan menghantamnya. Jika hal ini terjadi secara berulang-ulang dan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan perut menjadi longgar dan lemah. Selanjutnya, perut akan sulit mencerna.

Nah banyak sekali juga yang sudah merasakan manfaatnya minum secara duduk dan kita sebagai para pengikut nabi muhammad juga harus mengikuti maupun mencintai sunnah-sunnah baginda nabi kita.

sahabat pena

Muhammad Hafiz