Lanjutan tafsir surat Al Fatehah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

sdfsdafKH. Saifuddin Arief., SH., MH
6. Hanya kepadamulah kami menyemba dan hanya kepadamulah kami mohon pertolongan.
Allah adalah tuhan semesta alam, Allahlah tuhan yang esa, maka dari pada itu hanya kepada Allahlah kita menyembah, Dan tujuan manusia di dunia ini hanya untuk beribada kepada Allah semata. “dan tidak aku ciptakan jin dan manusia hanya untuk menyembah kepada Allah”.

Manusia di dunia ini diberikan waktu siang sama Allah untuk mencari nafkah, Allah jadikan malam buat istirhat manusia, berusaha lalu memohon pertolongan kepada Allah SWT, Allahlah tempat kita kembali dalam segala urusan.
Allah maha kaya maka mintalah segala hal hanya kepada Nya.

7. Tunjukin kami jalan yang lurus.

Allah memberikan petunjuk kepada manusia lewat al qur’an, diturunkan langsung kepada Nabi Muhammad melewati Malaikat Jibril, maka dari pada itu manusia tidak akan tersesat hidup di dunia ini kalau manusia kembali kepada ketentuan yang sudah di tetapkan di dalam al qur’an.

8. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Di zaman sekarang sifat manusia berbagai macam, didunia pendidikanpun seolah prilaku anak anak sekarang bukan seperti orang berpendidikan, ini disebabkan karena tidak Allah kasih hidaya didalam diri mereka, maka tidak pantas kita sombong kepada Allah, dan selalu kita bermohon untuk selalu diberikan nikmat seperti orang yang terdahulu yang telah engkau beri nikmat dan petunjuk yang lurus.

Isi surat Al Fatehah ini yaitu :

1. Memuji Allah.
2. Meminta pertolongan Kepada Allah.

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Ujian lisan menguji mental santri

Tidak hanya sekedar menghafal pelajaran namun santri juga di tuntut agar dapat mempunyai mental untuk mengutarakan pendapat serta ilmunya agar kelak bisa di amalkan dan

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Kegiatan Fathu Kutub Santri Akhir TMI

Cidokom Post – Sejak Sabtu (24/10) Pondok Pesantren Anur Darunnajah 8 mengadakan kegiatan tahunan Fathu Kutub untuk santri akhir TMI. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula