Menu

Kunci Rezki yang Berkah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

kunci-rezkiRezki merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari keberlangsungan kehidupan manusia, bahkan ada yang menuhankan rezki sehingga dalam kehidupannya dipenuhi ambisi untuk mencari dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya. Namun Allah swt yang Maha Kaya yang mempunyai segala sesuatu serta yang mengatur setiap rezki makhluknya.

Bukanlah rezki yang banyak yang akan membuat orang bahagia, bukan pula sedikit rezki yang akan membuat manusia sengsara, melainkan seberapa kuat keimanan yang dimiliki seorang hamba di saat Allah berikan reski kepadanya. Rezki yang berkah yang akan membuat manusia bahagia adlah rezki yang diperoleh dengan jalan baik yang di ridhai Allah swt.

Berikut kunci kunci rezki yang penuh berkah;

  1. Istigfar

Iringilah setiap usaha dengan memperbanyak Istighfar memohon ampun kepada Allah swt. Allah swt berfirman: “Maka Aku berkata, Mohonlah ampun kepda Tuhan Mu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula didalamnya untukmu sungai-sungai”. (QS. Nuh: 10-12)

Dengan memperbanyak mengucapkan istighfar, tulus memohon ampun kepada Allah yang Maha Pengampun maka setiap usaha kita akan dimudahkan serta diberi keberkahan didalamnya.

2. Taqwa

Hal terpenting yang harus dilakukan disetiap tindakan usaha mencari reski adalah dengan menyertakan taqwa didalamnya, melakukan berbagai usaha yang diridhai Allah dan menjauhi segala hal yang dilarang dalam usahanya.

Allah sat berfirman, “Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan menngadakan jalan keluar baginya dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangka”. (QS. At Thalaq: 2-3).

3. Silaturahmi

Kewajiban sesama manusia yang juga menyimpan keberkahan dalam rezkinya adalah silaturahmi, bersosialisasi dengan orang tua, kerabat, teman, tetangga dan lingkungan menjadikan semua orang yang ditemuinya merasa senang dan menginginkan kehadirannya dikala tidak ada itulah salah satu bukti keberkahan yang nyata.

Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang senang untuk dilapangkan rezkinya dan diakhirkan ajalnya, maka hendaknya ia menyambung silaturahim”. (HR Bukhari Muslim).

4. Berinfaq

Banyak manusia menilai berinfak hanya akan mengurangi rezki atau harta yang dimiliki itulah pemahaman yang salah, dimana Allah swt yang Maha Pemberi Rezki Dia akan memberikan kepada siapa saja yang dikehendakinya.

Allah berfirman, “Katakanlah: Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki Nya di antara hamba-hambanya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendakinya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dial ah pemberi rezki yang sebaik-baiknya”. (QS. Saba: 39)

Apa saja yang kita berikan kepda orang lain yang membutuhkan sejatinya Allah akan mengembalikan kepada kita hingga kelipatan yang tiada tara sesuai keikhlasan yang kita punya.

5. Menafkahi orang yang menuntut ilmu

Kita perlu belajar dari mereka yang mendirikan pesantren ataupun tempat penampungan anak yatim piatu, yang sejatinya tidak mempunyai penghasilan yang besar namun karena kayakinan yang dimilikinya menjadikan mereka bisa mempunyai puluhan bahkan ratusan anak asuh tidak lain karena mereka yakin Allah lah yang akan menjamin rezki untuk anak asuhnya tersebut.

Ada suatu kisah dari Anas bin Malik berkata, pada masa Rasulullah ada dua orang bersaudara yang salah satunya mendatangi Rasulullah untuk belajar ilmu dan saudara lainnya bekerja. Lalu saudaranya yang bekerja itu mengadu kepda Rasulullah, maka beliau bersabda, “Barang kali engkau diberi rezki dengan sebab dia”. (HR At Tirmidzi dan Hakim)

6. Berbuat baik kepada orang miskin dan lemah

Kewajiban seorang muslim untuk menjaga dan memberi rasa aman kepada sesama saudara muslim seiman, jangan sampai kita menghardik orang miskin atau yang lemah karena do’a mereka di kabulakan oleh Allah dan bisa jadi dengan berbuat baik kepada merekalah keberkahan rezki akan mendatangi kita.

Rasulullah saw bersabda, “Bukankah kalian ditolong dan diberi rezki lantaran orang-orang lemah diantara kalian?”. (HR. Bukhari)

7. Bersyukur atas apa yang kita miliki

Kesalahan yang sering dilakukan oleh manusia ketika mendapatkan rezki adalah mengingkarinya mereka lupa bahwa semua yang mereka terima hanyalah titipan, ujian dan kapan saja bisa diambil oleh Allah swt.

Karena tiada rasa syukur atas apa yang dimilikinya cenderung merasa kurang itulah yang menjadikan tiadanya keberkahan dalam hidupnya hingga akhirnya Allah ambil rezki darinya.

Allah berfirman, “Dan (ingatlah), tatkala Tuhan Mu memeklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu dan jika kamu mengingkari nimat Ku, maka sesungguhnya azab Ku sangat pedih”. (QS Ibrahim: 7)

Bersyukur dengan apa yang Allah berikan itulah seindah-indahnya keberkahan rezki.

Carilah rizki sebanyak-banyaknya tanpa meninggalkan kewajiban kepadanya, setiap apa yang kita punya tersimpan hak untuk manusia lainnya. Carilah rezki dengan qonaah, sesungguhnya Allah Maha Luas karunianya tidak akan pernah habis meski seluruh manusia di dunia terus memburunya. Maka ikhlaskan setiap usaha dan seberapa yang kita terima, sebagaimana sabdanya, “Barangsiapa ridha dengan pemberian Allah, maka Allah akan memberkahi dan melapangkan rezki tersebut untuknya. Dan barangsiapa yang tidak ridha, niscaya rezkinya tidak akan diberkahi”. (HR Ahmad)

Berikut beberapa kunci-kucni rezki yang bisa kita lakukan semoga apa yang kita dapatkan dari usaha melalui jalan yang diridhai Allah membuat kita bersyukur dan berkah memanfaatkannya. Aamiin.

(MAS)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Study From Home

Cidokom Pos – Alhamdulillah, ditengah-tengah maraknya penyebaran virus corona (Covid-19), mari kita selalu menjaga kesehatan diri kita semuanya. Karena persoalannya saat ini bukan hanya Social