Kolaborasi Self Control dan Inner Motivation.

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

بسم الله الرحمن الرحيم

_Seri Olah Jiwa ( Refleksi Ramadhan )._

*Kolaborasi Self Control Dan Inner Motivation.*

Ibadah Shoum mengandung banyak hikmah, fadhilah serta faedah. Salah-satu hikmah besar ibadah Shoum adalah kemampuan mengendalikan diri-sendiri (self control) dan membangkitkan semangat dari dalam diri-sendiri (inner Motivation).

Ketika seorang mu’min berpuasa maka ia akan menahan dirinya dari hal-hal yang dapat membatalkan keabsahan puasanya dan juga menjauhkan diri perkara-perkara yang akan mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasanya meskipun sah secara fiqh.

Diantara hal-hal yang dapat membatalkan puasa adalah makan, minum, melakukan hubungan badan, merokok, muntah yang disengaja dan sebagainya.

Adapun perkara -perkara yang berpotensi mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa meskipun puasanya tetap sah antara lain: berkata kotor, memandang sesuatu yang diharamkan, marah, berkelahi, ghashab, mencuri dan sebagainya.

Oleh karenanya ada tingkatan proses dalam berpuasa: pertama, puasa tingkat dasar oleh orang awam / kebanyakan yaitu dengan tidak makan, minum, berhubungan badan serta menjauhi hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit Matahari hingga datang waktu Maghrib.

Kedua, puasa tingkat menengah yaitu disamping melakukan seperti puasanya orang awam juga menjaga seluruh panca indera nya dari maksiat dan dosa.

Ketiga, puasa tingkat tertinggi yaitu melakukan puasa tingkat dasar dan menengah serta menjaga hati dan fikiran dari noda dosa dan maksiat.

Noda dosa dan maksiat hati dan fikiran ini relatif sulit dideteksi meskipun tidak juga mustahil untuk diketahui. Maka orang yang mampu menjauhinya selama puasa akan tergolong sudah sampai tingkat puasa tertinggi.

Contoh noda dosa dan maksiat hati dan fikiran adalah kesombongan, baik yang ada dalam diri sendiri atau kesombongan intern (‘ujub) maupun kesombongan ekstern (takabbur).

*Betapa tidak mudahnya mendeteksi kesombongan ini ada atau tidak ada pada diri kita sendiri. Karena bisa jadi ada seseorang yang sudah merasa rendah hati namun justru itulah kesombongan sebenarnya. Seperti yang diterangkan oleh Ibnu Athaillah dalam karya masyhurnya Al Hikam: من أثبت لنفسه تواضعا فهو المتكبر حقا (Barang siapa yang mensifati dirinya dengan Tawadhu’ maka justru dialah orang Mutakabbir yang sebenarnya).*

Oleh karenanya, kedatangan Bulan Ramadhan dengan kewajiban Ibadah Shoum ini sangat membantu pribadi-pribadi muslim multazim untuk _upgrading_ self control dan inner motivationnya.

Dalam melaksanakan puasa tidak saja yang makruh dan haram yang akan ditinggalkan oleh seorang mu’min, namun juga yang mubah dan halal seperti makan dan minum serta jima’ akan dijauhinya.

Jika demikian halnya, mestinya tidak terlalu sulit bagi seorang mu’min untuk meninggalkan perkara makruh dan haram seperti merokok misalnya di luar bulan puasa.

Terlebih jika sudah terbentuk kuat inner Motivation untuk menjadi pribadi yang lebih islami, imani dan ihsani. Karena kekuatan inner Motivation yang bersumber dari keimanan kuat serta self control akan membebaskan dan memerdekan jiwa seorang muslim dari segala kontaminasi keburukan lahir maupun batin.

Bahkan dalam kondisi dan situasi serta miliu yang tidak akomodatif dan kondusif untuk berbuat kesalehan sekalipun dia akan tetap survive bagaikan Karang nan tangguh diterjang ombak lautan. Seperti disitir dalam sebuah Wise Words: *_It’s not how the life is treating us but how we’re treating the life!,_* juga *_We can not control the direction of winds but we can control our self!._*

والله أعلم بالصواب.

_Bogor, 6 Ramadhan 1437 H / 11 Juni 2016 M. (Mr. MiM)._ www.cipining.darunnajah.com

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Kedatangan Santri dan Ujian Pelajaran Sore

Nurul Ilmi Laksanakan Ujian Darsul Masa ( Pelajaran Sore )Ujian Pelajaran SorePengarahan ujian Syafahi pelajaran sore semester 1 Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 PamulangPengarahan

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Coaching Clinic Sepak Bola

Alhamdulillah telah terlaksana coaching clinic di Pesantren Annur Darunnajah 8. program ini tentunya merupakan bentuk dorongan bagi santri Annur, tidak tanggung-tanggung yang didatangkan adalah pemain