Menghafal Alquran

Umat Muslim di dunia ini pasti memiliki keinginan untuk menghafal Al-quran , karena memang pada dasarnya Al-quran adalah kitab penyempurna kitab-kitab sebelumnya, kitab yang banyak menyimpan ilmu di dalamnya. Al-quran itu adalah ensklopedia terlengkap se-dunia dan tidak ada yang dapat  menandinginya. Dan satu hal lagi Al-quran adalah petunjuk jalan kebenaran untuk kehidupan kita. Menghafal Al-quran banyak sekali dampak postif yang bisa kita dapatkan untuk diri kita, diantaranya ialah:

  1. Untuk menjaga jasad kita setelah kita meninggal nanti, agar tidak habis di makan oleh ulat.
  2. Menambah kecerdasan otak kita. Banyak orang yang sudah mengakui, orang yang sudah mengahafal Al-quran pastilah cerdas. Buktinya banyak beasiswa bagi penghafal Al-quran, beasiswa daslam negeri maupun luar negeri. Karena mereka tau dan percaya orang yang sudah mengahafal Al-quran kalau belajar ilmu apapun pasti akan cepat bisa dan memahami.
  3. Kemudian apalagi untuk para kaum lelaki, ketika ditunjuk menjadi imam, kalau dia memiliki pegangan Al-quran pastilah gampang, dan bervriasi saat membaca surat-surat pilihan setelah surat Al-fatihah.
  4. Menghafal Al-quran juga dapat membuat hati kita nyaman dan tentram. Karena pada hakikatnya saat kita mengingat Allah, hati kita tidak akan merasa gelisah, dengan mengingat Allah kita akan menjadi tenang.
  5. Hafalan Al-quran akan menjadi pelindung dan perisai bagi kita, karena dengan bekal hafalan quran, kita akan berfikir berulang kli untuk melakukan suatu hal kemaksiatan.

Kemudian ada beberapa hal juga yang harus kita lakukan untuk menjaga hafalan agar kuat.

  1. Mengulang ayat-ayat yang sudah kita hafal, minimal membacanya sekali. Karena Al-quran itu pencemburu, jika kita kita meninggalkan hafalan kita sehari saja maka hafalan itu akan meninggalkan kita lebih lama.
  2. Sering mendengrakan ayat-ayat Al-quran, dengan benyak mendengarkan lafaz ayat-ayat Al-quran hafalan yang kita miliki akan semakin melekat pada memori kita. Minimalisirkjan mendengar lagu-lagu yang tidak jelas, karena itu juga dapat menghilangkan hafalan kita.
  3. Jangan mengganti-ganti mushaf, karena kalau kita mengganti mushaf posisi yang sudah kita hafal pun akan berbeda, nah itu berdampak pada hafalan kiita.

Dan tentu juga ada spek-aspek yang  harus kita jauhkan agar hafalan kita tetapterjaga.

  1. Jangan pernah makan makanan haram dan bukan hak kita. Karena sesungguhnya dari makanan itu akan menjadi darah, dan tahukan anda setan berada pada aliran darah kita, jika sumbernya sudah jelek setan pun akan semakin merajalela dan pastinya akan sangat berpengaruh pada karakter dan perilaku kita kedepannya.
  2. Syirik pada Allah, naudzubillahi min dzalik jangan sampai kita terjebak dengan goadaan syetan untuk menyekutukan Allah. Salah satu hal, yang sangat familiar di kalangan kita percaya dengan tebakan-tebakan zodiac, yang mengatkan nasib kita akan begini dan begitu, walau terlihat sepele padahal itu sudah termasuk syirik kepada Allah.
  3. Mengambil barang orang lain. Wah ini tidak boleh, berarti gozob juga tak boleh ini berdampak buruk loh dengan hafalan kita.
  4. Jangan pernah meninggalkan Shalat. Karena yang memudahkan hafalan kita adalah Allah. Maka dari itu jangan pernah meninggalkan shalat.

Menghafal Al-quran itu memiliki banyak sekali manfaat untuk kita, manfaat di dunia dan juga menjadi syafaat kita di akhirat. Maka dari itu marilah menghafal Al-quran ! jayakan Al-quran. Berperilaku seperti yang sudah Allah tentukan. Jika Al-quran sudah Berjaya, dan kita sudah berpegang teguh pada Al-quran maka Insya Allah islam pun akan berjaya.