4 Keutamaan Menghafal Al-Qur’an

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Al-QUr’anul karim

Menghafal Al-qur’an merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan kepada umat Islam,selain menghafal Al-Qur’an kita juga harus memahami arti didalamnya dan sering membaca ayatnya.Satu huruf yang kita baca pahalanya sepuluh kebaikan,bayangkan jika kita menghafal Al-Qur’an pasti kita akan membacanya berulang-ulang, berarti berapa pahala kebaikan yang kita dapatkan walaupun hanya menghafal satu ayat? Bisa puluhan bahkan ratusan pahala yang kita dapatkan.

Loading...

Selain mendapatkan pahala menghafal Al-Qur’an juga mempunyai manfaat-manfaat lainnya,seperti:

  1. Keinginan Dikabulkan Allah SWT

Keutamaan untuk para penghafal Al-Qur’an salah satunya adalah akan dikabulkan segala keinginan/do’anya.Di dalam Riwayat hadits tirmidzi bahwasannya Rasulallah SAW bersabda “Allah berfirman,barang siapa yang disibukkan dengan Al-Qur’an dan mengingatku,maka akan aku berikan keutamaan kepadanya lebih besar  dari pada yang aku berikan terhadap lainnya. “

Al-Qur’anul karim

Insyaallah,Allah SWT akan mengabulkannya dengan ikhtiar dan do’a kita,jika kita bersungguh-sungguh dalam memintanya dan mau berusaha untuk mencapai hal tersebut.

 

  1. Kedudukan Yang Tinggi

Setiap umat muslim pasti menginginkan kedudukan yang tinggi di akhirat nanti.Nah..dengan menjadi hafidz/hafidzoh pun bisa menjadi salah satu cara untuk mencapainya.Seperti hadits Nabi yang berbunyi: “Sesungguhnya Allah SWT mengangkat derajat kamu dengan kitab ini dan menjatuhkan yang lain”.Maka sudah jelas bahwasannya dengan menghafal Al-Qur’an kita bisa mengangkat derajat/kedudukan kita,bahkan bisa mengangkat derajat orang tua kita.

Loading...

 

  1. Mendapatkan Syafa’at

Umat muslim yang menghafal Al-Qur’an akan mendapatkan syafa’at dihari akhir kelak,

yaitu Al-Qur’an akan menjadi penolong kita Ketika semua amal perbuatan kita di hisab.

Al-Qur’anul karim

Al-Qur’an akan menjadi pembela kita Ketika kita banyak melakukan dosa selama di dunia.Tetapi, alangkah baiknya kita harus tetap menghindari  semua perbuatan-perbuatan maksiat yang bisa membuat kita berdosa,agar kita tetap mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

 

  1. Dijanjikan Syurga Dan Terhindar Dari Api Neraka
Al-Qur’anul karim

Syurga pasti menjadi tempat yang diimpikan oleh setiap kaum muslim,dan untuk penghafal Al-Qur’an bahkan Allah SWT telah menjanjikannya selain dijanjikan syurga Allah SWT juga menghindarkan para penghafal Al-Qur’an dari siksaan panasnya api neraka,subhanallah…

 

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah