Apakah Keutamaan Menghafal Al-Qur’an?

Keutamaan Membaca Al-Qur'an Merupakan Kebutuhan Ummat Islam.
Keutamaan Membaca Al-Qur’an Merupakan Kebutuhan Ummat Islam.

Kita sebagai ummat Islam berpegang teguh atau berpedoman pada Al-Quran dan hadits. Tanpa disuruh seharusnya kita mengetahui apa yang seharusnya kita perbuat dalam agama kita ini, seperti contohnya membaca Al-Qur’an setiap hari yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW.

Kita sebagai ummat Islam terkadang mengabaikan hal itu dan lebih terlena dengan kehidupan dunia, padahal seharusnya kita lebih mengetahui dan memahami agama kita sendiri. Seperti yang sebutkan dalam sabda Rasulullah SAW:

- Advertisement-

“Penghafal Quran akan datang pada hari kiamat dan AlQuran berkata: “Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia. Kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). AlQuran kembali meminta: Wahai Tuhanku, ridhailaih dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga). Dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan.” (HR Tirmidzi)

Ada pula keutamaan menghafal Al-Qur’an diantaranya:

  1. Ridho Allah
  2. Akan menjadi penolong (syafaat) bagi penghafalnya
  3. Benteng dan perisai hidup
  4. Pedoman dalam menjalankan kehidupan
  5. Nikmat mampu menghafal AlQuran sama dengan nikmat kenabian
  6. Kebaikan dan berkah bagi penghafalnya
  7. Rasulullah sering mengutamakan yang hafalannya lebih banyak (Mendapat tasyrif nabawi)
  8. Para ahli Quran adalah keluarga Allah yang berjalan di atas bumi
  9. Dipakaikan mahkota dari cahaya di hari kiamat yang cahayanya seperti cahaya matahari
  10. Kedua orang tuanya dipakaikan jubah kemuliaan yang tak dapat ditukarkan dengan dunia dan seisinya, dan lain sebagainya.

Hikmah Menghafal Al-Qur’an

Adapun hikmah yang kita dapat dalam mempelajari Al-Qur’an , yaitu:

  • Al-Quran menjanjikan kebaikan, berkah dan kenikmatan bagi penghafalnya. 
  • Hafidz Qur‟an merupakan ciri orang yang diberi ilmu
  • Fasih dalam berbicara dan ucapannya.
  • Al-Quran memuat 77.439 kalimat. Jika seluruh penghafal Al-Quran memahami seluruh arti kalimat tersebut berarti dia sudah banyak sekali menghafal kosa kata bahasa arab yang seakan-akan ia menghafal kamus bahasa arab.
  • Dalam Al-Quran banyak terdapat kata-kata hikmah yang sangat berharga bagi kehidupan. Secara menghafal Al-Quran berarti banyak menghafal kata-kata hikmah.
  • Hafidz Quran sering menjumpai kalimat-kalimat uslub atau ta’bir yang sangat indah. Bagi seseorang yang ingin memperoleh rasa sastra yang tinggi dan fasih untuk kemudian bisa menikmati karya sastra Arab atau menjadi satrawan Arab perlu banyak menghafal kata-kata atau uslub Arab yang indah seperti syair dan amtsar (perumpamaan) yang tentunya banyak terdapat di Al-Quran.
  • Mudah menemukan contoh-contoh nahwu, sharaf, dan juga balaghah dalam Al-Quran.
  • Dalam Al-Quran banyak ayat-ayat hukum, dengan demikian secara tidak langsung seorang penghafal Al-Quran akan menghafal ayat-ayat hukum. Yang demiakian ini sangat penting bagi orang yang ingin terjun di bidang hukum.
  • Orang yang menghafal Al-Quran akan selalu mengasah hafalannya. Dengan demikian otaknya akan semakin kuat untuk menampung berbagai macam informasi.
  • Penghafal Al-Quran adalah orang yang akan mendapatkan untung dalam perdagangannya dan tidak akan merugi.
  • Al-Quran akan menjadi penolong (syafa‟at) bagi para penghafal Al-Quran.

Semoga kita tetap istiqomah dan terus berkeinginan untuk menghafal dan memahami Al-Qur’an lebih dalam lagi untuk membangkitkan rasa kecintaan kita kepada Allah SWT aamiiin. (SA)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA). Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills). Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.