Kamis Pagi, saat langit masih terlihat gelap, udara masih terasa segar, seakan menggelitik kulit ari. Saat fajar belum lagi tiba, begitu jua waktu shubuh, masih beberapa saat lagi. Namun di Pondok ini (saat kebanyakan manusia masih terlelap)  sudah nampak terlihat lalu lalang rutinitas dan aktifitas. Bangun pagi bagi santri sudah biasa, tapi untuk hari ini, Kamis (begitu juga hari Senin), jadwal bangun pagi menjadi lebih awal. Ada apa gerangan? Makan Sahur? Yups! Puasa Senin dan Kamis sudah menjadi tradisi yang dilestarikan bagi seluruh Santri dan Guru di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining. Tradisi yang bernilai pahala dan berbuah syurga, tradisi yang menjadi identitas bagi manusia-manusia beriman.

Ada banyak Pelajaran yang diberikan oleh Rasulullah saw melalui Haditsnya tentang keutamaan berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Hal ini pula yang senantiasa disampaikan para pengurus (terutama bagian Peribadatan) pada Ta’lim bakda shalat fardhu. Ust Mukhlisin, S.H.I menghimbau kepada pengurus yang menangani hal Peribadatan ini untuk menyampaikan hadits-hadits shohih tentang keutamaan puasa Senin dan Kamis. Bukan hanya satu kali saja, harus diulang-ulang seperti iklan di tivi. Tujuannya agar intisari dan hikmah yang terkandung dalam Hadits tersebut melekat dalam ingatan seluruh santri dan dapat diaplikasikan dengan baik.

- Advertisement-

Rasulullah saw juga memberikan kita pengetahuan yang sangat agung tentang rahasia dan keutamaan hari Senin dan Kamis, diantaranya adalah;

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. Beliau bersabda: “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Alloh dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang di antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, ia mengatakan,
“Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis”. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad)

“Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At Tirmidzi dan lainnya)

Dalam riwayat lain juga dari Ka’ab bin Malik radhiallahu ‘anhu: “Bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (menang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR.Bukhori)

Demikian keutamaan hari Senin dan Kamis, sebagai umat yang mencintai Nabinya Muhammad saw, tentu akan mengikuti langkah-langkahnya (sunnahnya) dan salah satu sunnahnya adalah dengan berpuasa sunnah pada hari Kamis. Semoga kebiasaan mulia Santri Darunnajah Cipining ini dapat kita contoh, dengan cara membiasakan diri berpuasa Senin dan Kamis. [WARDAN/Kang DR].

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.