Ketika Pakar Studi Al Qur’an Sampaikan Arahan Penting Di Darunnajah 2 Cipining

Ketika Pakar Studi Al Qur’an Sampaikan Arahan Penting Di Darunnajah 2 Cipining

Bagikan

Senin, 5 September 2022 seluruh guru tahfizh Pesantren Darunnajah 2 Cipining mengikuti In House Training bertempat di aula tahfizh kampus satu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri terhadap Al Qur’an sekaligus sebagai bekal dalam mendidik para santri.

Acara berlangsung dari pukul 10.30 WIB dengan moderator Ustadz Lalu Muhammad Hayyi. Hadir narasumber yang begitu luar biasa, KH. Dr. Ali Nurdin, M.A. Beliau merupakan salah satu Dewan Pakar Pusat Studi Al Qur’an dan dosen tetap Institut Ilmu Qur’an Jakarta sekaligus wakil rektor III bidang kemahasiswaan.

Materi yang disampaikan seputar motivasi muroja’ah dan tips-tips yang bisa diterapkan dalam menghafal Al-Qur’an. Beberapa catatan yang didapat dari narasumber :

• Tidak ada yang mampu membuat yang serupa dengan Al Qur’an.

• Orang yang senantiasa bersama Al Qur’an merupakan Ahlullah, ‘keluarganya’ Allah.

• Keutamaan menghafal Al-Qur’an dan mempelajarinya :
1. Sebaik-baiknya orang
2. Menjadi keluarganya Allah
3. Al Qur’an menjadi syafa’at di hari kiamat

• Beberapa prinsip menghafal Al-Qur’an :
1. Menghafal itu wasilah (proses) bukan ghayah (tujuan).
2. Menghafal itu hebat, tapi berakhlak Al Qur’an lebih hebat.
3. Satu juz kokoh lebih baik daripada 30 juz tidak kokoh.

Tanpa terasa waktu sudah menunjukkan pukul 11.45. Selanjutnya sesi pertanyaan bagi peserta putra & putri yang langsung dijawab oleh Dr. Ali secara singkat, padat, dan jelas.

Ditutup oleh pantun terimakasih dari moderator. Semoga dari IN HOUSE TRAINING ini guru guru tahfizh semakin istiqomah dalam menjaga hafalannya. Senantiasa semangat dalam membimbing santri khususnya bidang Al Qur’an. Aamiin Yaa Allah Yaa Rabbal ‘aalamiin. (Wardan/Fina Meilani).

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah