Menu

Kesabaran Akan Menolong di Setiap Pekerjaan

Ka. Biro Pengasuhan Santri

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kesabaran Akan Menolong di Setiap Pekerjaan. Sebuah inspirasi bijak yang telah disampaiakan oleh Ustadz Mukhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I yang saat ini beliu dinobatkan serta mengemban amanah besar sebagai Ka. Biro Pengasuhan Santri di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Inspirasi ini diliput langsung oleh santri tv. Berikut adalah isi nspirasi bijak tersebut.

Kesabaran akan Menolong di Setiap Pekerjaan
Kesabaran akan Menolong di Setiap Pekerjaan

Dalam mahfudzot atau inpirasi Bahasa Arab, dikatakan tenang kesabaran

الصَّبْرُ يُعِيْنُ عَلىَ كُلِّ عَمَلٍ

“Kesabaran itu menolong segala pekerjaan

Tentu kita fahami, dalam hidup ini kita banyak mengalami permasalahan. Baik permasalahan yang terjadi dengan diri sendiri, dengan keluarga, dengan masyarakat dan lingkungan.

Maka agar hidup tetap berjalan dengan survive (bagaimana kita dapat bertahan hidup dimanapun kita berada, kapanpun dan dalam keadaan apapun) kita membutuhkan kesabaran.

Contoh-contoh sifat bersabar sudah ada pada generasi terbaik

Kesabaran dalam berdawah, ditunjukkan oleh Nabi Nuh AS., yang berdakwah 500 tahun namun yang ikut hanya 80 orang.

Contoh bertikutnya yang tidak mudah adalah, yaitu menahan diri dalam berbuat maksiat. Padahal ada kesempatan, jika tidak ada kesempatan tentu tidak kita bahas. Ada kesempatan untuk berbuat maksiat, korupsi misalnya, namun ia tidak bermaksiat, dia bersabar. Itulah yang ada pada kehidupan Nabi yang tampan rupawan, Nabi Yusuf AS. ketika digoda oleh si cantik Zulaikha.

Berikutnya telah dicontohkan oleh Nabi Ayub AS., yaitu dalam menerima musibah. Nabi Ayub AS. Telah Allah berikan cobaan sakit kulit. Penyakit kulit, seluruh tubuhnya kena penyakit kulit, yang baunya busuk dan menjijjikan, sehingga istrinya pun kabur.

Kesabaran paripurna, sempurna dalam setiap suasana ditunjukan oleh baginda Nabi Muhamad SAW.

Demikian inspirasi bijak yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita. Penyampaian beliau yang berhasil menyadarkan para manusia untuk terus bersabar dalam menghadapi permasalahan serta musibah yang ada. Tetapi tidak cukup hanya dengan bersabar, usaha juga sangat diperlukan dalam menyelesaikan masalah. Beberapa contoh yang beliau sampaikan sangat membuktikan, betapa pentingnya pengaruh kesabaran dalam kehidupan kita. (Wardan/Mbafer)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait