Menu

Benarkah “Kesabaran Itu Akan Menolong Segala Pekerjaan”?

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

الصبر يعين على كلّ عمل

As shobru yu’ienu a’la kulli amalin

Yang artinya:

Kesabaran itu akan menolong segala pekerjaan

Pengertian kata “Sabar”

Banyak orang mengartikan dan mendefinisakan kata sabar dengan kata “menunggu”. Namun, sebenarnya arti dan definisi tersebut tidaklah tepat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sabar adalah tahan dalam menghadapi cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati)

Kesabaran juga merupakan sikap yang harus dilakukan oleh setiap orang agar mendapatkan esuksesan dalam suatu pekerjaan.

Jadi, sabar sebetulnya bukanlah suatu tindakan atau pekerjaan. Melainkan suatu dorongan untuk bagaimana kita melakukan suatu hal pekerjaan dengan arti di atas.

Kapan kita harus sabar?

Kapan ya, kita harus bersabar? Jawabannya adalah kapanpun waktu terjadi, kita harus bersabar.

Mengapa demikian? Karena dengan bersabarlah kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Biasanya sabar kita tidak tertahan ketika kita sedang berada pada keramaian, atau memang disaat kita sedang bad mood. Sehingga, keluarlah amarah yang ada pada diri kita.

Untuk itu, tidak ada gunanya bagi kita untuk marah-marah sendiri. Namun alangkah lebih baik apabila kita selalu senantiasa untuk bersabar.

Dimana kita harus bersabar?

Lalu, dimana tempat kita bersabar? Sama seperti hal “kapan kita harus bersabar”, kita juga harus bersabar dimanapun itu kita berada.

Entah di rumah, di sekolah, di kantor, dan dimanapun kita berada sudahlah jelas bahwa kita harus bersabar.

Cara bersabar

Jika kita terlalu memaksakan diri, kita harus mempertimbangkan ulang daftar pekerjaan kita sebelum berusaha mengubah reaksi alami kita terhadap situasi yang membuat kita kewalahan.

Cobalah untuk membagi tugas-tugas, sehingga kita hanya melakukan salah satu dalam satu waktu.

Bagi tanggung jawab dengan orang lain jika memungkinkan; hal ini bisa juga menjadi ujian kesabaran bagi Anda, tetapi Anda harus belajar berbagi beban.

Berikut adalah tips agar kita selal bersabar:

– Ingatlah selalu Allah, agar kita senantiasa bersabar

– Jangan mudah-mudah untuk emosi. Ingat, terlalu emosi tidak akan menyelesaikan suatu masalah

– Melakukan sesuatu agar tidak dengan tergesa-gesa. Biasanya ada saja yang akan terjadi apabila kita terlalu tergesa-gesa dalam melakukan suatu hal pekerjaan.

Untuk mengatasi hilangnya kesabaran, kita juga harus mencari hal-hal apa yang menjadi pemicu hilangnya kesabaran kita.

Dari situ, kita akan menghindari hal-hal tersebut sehingga kita senantiasa untuk selalu bersabar.

Akan lebih baik lagi apabila kita merancang pola dengan menyusun hal-hal apa yang harus kita lakukan selanjutnya.

Dalil tentang Bersabar

Sabar adalah sifat terpuji yang sangat dianjurkan dalam islam. Maka banyak sekali sebetulnya dalil-dalil tentang bersabar, didalam Al-Qur’an maupun Al-Hadist.

Berikut adalah sebagian dari dalil-dalil mengenai hal “bersabar”:

 

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian beruntung.” (Aali ‘Imraan:200)

 

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأَمْوَالِ وَالأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah:155)

 

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Az-Zumar:10)

Rasulullah Mengagumi seorang mukmin yang bila ia memperoleh kebaikan, ia memuji Allah dan bersyukur, dan bila ia ditimpa musibah, ia memuji Allah dan ia bersabar. ( HR.Ahmad)

Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan, dia bersabar. (HR.Ahmad)

Dari Abdullah bin Umar ra berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, ‘Barang siapa yang bersabar atas kesulitan dan himpitan kehidupannya, maka aku akan menjadi saksi atau pemberi syafaat baginya pada hari kiamat. (HR. Turmudzi).

Abu Yahya, Shuhaib bin Sinan RA, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh unik urusan orang yang beriman itu. Semua urusannya, baik baginya. Hal itu hanya dimiliki oleh orang yang beriman. Jika dia memperoleh kegembiraan, dia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ditimpa kesulitan, dia bersabar, dan itu baik baginya.” (Muslim)

Manfaat bersabar

“Jika saya berhasil membuat sebuah penemuan yang berharga, hal tersebut lebih merupakan hasil kesabaran saya dibandingkan dengan keahlian lain yang saya miliki.”

— Sir Isaac Newton –

Manfaat bersabat sangatlah banyak. Namun pada hakikatnya, dengan bersabar kita akan meraih apa yang kita impikan.

Sudah banyak orang, dan mungkin kita sendiri juga pernah merasakan keajaiban dari bersabar.

Dampak Bersabar

Dari bersabar, kita dan bahkan orang lain akan mendapatkan hal hal kebaikan (positif) yang tiada hentinya. Mulai dari ketulusan, keserasian, kebersamaan, dan masih banyak dampak lain apabila kita selalu bersabar.

Maka, telah berhasil sudah apabila seorang manusia telah bersabar dalam melakukan hal dari pekerjaannya.

Jika kita tidak bersabar

Tentu, apabila kitatidak bersabar, dampak negatif lah yang akan kita dapatkan. Bahkan, biasanya tidak hanya berdampak pada diri sendiri, namun melainkan juga kepada diri orang lain.

Maka bahaya sekali apabila kita dan semua orang disekitar kita apabila tidak bersabar. Untuk itu, ingatkanah selalu diri kita masing-masing dan orang disekitar kita untuk selalu bersabar.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait