Search
Close this search box.
blank

Kepala SIKL Ajak Mahasiswa UDN Memperkenalkan Budaya Indonesia

Kepala SIKL Ajak Mahasiswa UDN Memperkenalkan Budaya Indonesia

blank
Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Friny Napasti, S.Pd., M.Pd.

Kuala Lumpur, 15 Januari 2024 – Friny Napasti, S.Pd., M.Pd., Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), memberikan tantangan menarik kepada mahasiswa Universitas Darunnajah (UDN) yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional.

Tantangan tersebut adalah untuk menjadi duta keanekaragaman budaya Indonesia dan memperkenalkannya kepada siswa Sanggar Belajar.

Permintaan ini disampaikan langsung saat kedatangan rombongan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional dari Universitas Darunnajah.

Sanggar Belajar menjadi tempat bagi siswa yang merupakan anak-anak keturunan Warga Negara Indonesia (WNI) yang belum memiliki kesempatan untuk menginjakkan kaki di Tanah Air Indonesia.

Meskipun mereka menyadari bahwa orang tua mereka berasal dari Indonesia, pengetahuan mereka tentang budaya Indonesia masih terbatas.

Beliau menyampaikan, “Sangat penting bagi kita untuk mengenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada mereka, agar mereka dapat lebih memahami dan mencintai warisan budaya yang dimiliki oleh negeri ini.”

Baginya, pemahaman dan cinta terhadap budaya sendiri adalah langkah awal untuk membangun rasa nasionalisme dan identitas bangsa.

blank
Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Friny Napasti, S.Pd., M.Pd.

Rombongan mahasiswa UDN peserta KKN dan PPL ini terdiri dari 46 orang dengan latar belakang Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Keluarga Islam, dan Administrasi Bisnis.

Mereka ditempatkan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan beberapa Sekolah Belajar (SB) di Malaysia.

Dalam rangkaian kegiatan mereka, mahasiswa UDN berencana menyelenggarakan program-program untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada siswa Sanggar Belajar. Ini mencakup pertunjukan seni tradisional, presentasi tentang sejarah, dan keanekaragaman budaya Indonesia.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini, siswa di Sanggar Belajar dapat merasakan kehangatan dan keindahan budaya Indonesia. Semoga mereka dapat membawa pulang pengalaman positif dan pengetahuan yang lebih dalam tentang negeri asal leluhur mereka,” tambah beliau.

Selain memberikan manfaat edukatif bagi siswa Sanggar Belajar, kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ikatan persaudaraan antara Indonesia dan Malaysia. Mahasiswa UDN diharapkan dapat menjadi duta budaya yang membangun jembatan persahabatan antarbangsa melalui pemahaman dan apresiasi terhadap keberagaman budaya.

Sumber : darunnajah.ac.id

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah