Kenapa Harus Menuntut Ilmu Agama?

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
ppdnc
Pemandangan Asrama Kampus 3 Putra Darunnajah Cipining Dari Belakang

Menuntut ilmu agama merupakan kewajiban bagi setiap muslim tanpa mengenal usia; anak anak, remaja sampai yang tua baik itu wanita maupun pria dianjurkan untuk menuntut ilmu agama. Seperti kata mutiara,”Tuntutlah ilmu sejak dari buaian (lahir) sampai liang lahat (meninggal)”

Begitu pentingnya ilmu agama bagi ummat muslim dimana semua amal ibadah yang dilakukan harus berlandaskan ilmu untuk mendapatkan pahala yang sempurna dari Allah swt. Beberapa keutamaan ilmu;

Ilmu Agama adalah Tanda Kebaikan

Seorang hamba yang dicintai Allah swt akan dimudahkan dalam menuntut ilmu, sehingga ilmu akan menuntunnya dalam menjalankan setiap amal ibadahnya. Rasulullah saw bersabda,”Barang siapa yang Allah swt kehendaki kebaikan kepada seseorang hamba, maka ia akan difahamkan tentang agamanya”. (HR Bukhari dan Muslim)
Ilmu Agama adalah Cahaya

Karna dengan ilmu agama seseorang dapat beribadah, bersosialisasi dengan manusia lainnya melakukan hal hal yang sesuai dengan syariat dan kodratnya sebagai manusia dan ilmu juga yang akan mengantarkan kita pada keselamatan dunia akhirat. Allah swt berfirman yang artinya ”Sesungguhnya telah datang padamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab inilah Allah menunjuki orang orang yang mengikuti keridhaanNya kejalan keselamatan dan Allah mengeluarkan mereka dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizinNya dan menunjukinya ke jalan yang lurus (QS Al Maidah: 15-19)pdnc

Ilmu Agama adalah Penyelamat

Dunia adalah fana tempat yang tidak kekal yang akan dihancurkan oleh Allah swt dihari kiamat nanti dan seluruh manusia akan berpindah tempat ke akhirat dimana di akhirat manusia akan hidup kekal selamanya, namun di akhirat mempunyai 2 tempat yakni neraka bagi manusia yang durhaka kepada Allah swt dan surga bagi manusia yang bertaqwa kepada Allah swt. Oleh karena itu ilmu agama akan menuntun manusia menuju ke surga Nya Allah swt sebagaimana Rasulullah saw bersabda,”Sesungguhnya dunia itu terlaknat segala isinya kecuali dzikir kepada Allah dan amalan amalan ketaatan, demikian pula seorang alim atau yang belajar (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Ilmu Agama adalah Amal Jariyah

Manusia hidup di dunia hanyalah sementara, tempat yang sesungguhnya ialah di akhirat, dimana dikehidupan dunia manusia hanya untuk mencari bekal kehidupan di akhirat yang abadi, salah satu bekal yang akan membuat manusia masuk surga ialah ilmu agama yang bermanfaat sebagaimana Rasulullah saw bersabda,”Jika seorang hamba mati maka terputuslah darinya kecuali tiga hal yakni sedekah jariyah ilmu yang bermanfaat dan do’a anak shaleh yang mendo’akan orang tuanya”.(HR Muslim)

Ilmu Agama adalah Jalan ke Surga

Orang yang Allah swt kehendaki kebaikan, maka Allah akan fahamkan orang tersebut pada ilmu agama, kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari, maka hal tersebut akan menjadi jalan baginya menuju surga. Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu maka Allah swt memudahkan jalan baginya menuju surge”. (HR Muslim)

Orang Ahli Ilmu Lebih Utama dari Orang Ahli Ibadah

Ilmu dan ibadah memang tidak bisa dipisahkan dimana hal tersebut harus dimiliki oleh seorang muslim, Orang yang ahli ilmu akan dicintai oleh Allah swt begitu juga orang yang ahli ibadah Allah swt akan mencintainya, namun Allah swt lebih mencintai seorang hamba yang beribadah dengan menggunakan ilmunya sebegaimana Rasulullah saw mengumpamakan ahli ilmu sebagai bulan dan ahli ibadah itu sebagai bintang. Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya keutamaan seorang yang berilmu dibanding ahli ibadah seperti keutamaan bulan di malam purnama dibanding seluruh bintang bintang”. (HR Abu dawud dan Ibnu Majah) (Abs)

 

 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detil-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

[Celoteh santri] Detik-detik terakhirDetik-detik menuju UN[Celoteh Santri] Detik-detik UjianDETIK-DETIK MENJELANG UJIAN NASIONAL MTsDetik-Detik Amaliah TadrisDetik-detik Jelang Panggung Gembira Santri Kelas 6 TMIDETIK-DETIK MENJELANG HAFLAHTUT TAKHARRUJDetik-detik