Darunnajah.com Libur tengah semester ganjil telah tiba, seperti sekolah lainnya kegiatan belajar mengajar di Pesantren Darunnajah Cipining juga libur, semua santri kembali ke rumah masing masing untuk liburan. Ada kegiatan spesial yang dilakukan oleh santri Darunnajah Cipining dalam menyambut hari liburan yang kemudian menjadi agenda wajib yakni kegiatan safari dakwah.

Safari dakwah merupakan salah satu wadah yang di adakan untuk melatih santri Darunnajah Cipining dalam bersosialisasi dengan banyak orang serta berupaya menghadirkan manfaat bagi orang lain (masyarakat). Dibawah komando Biro Dakwah dan Masyarakat,  safari dakwah atau yang lebih dikenal dengan sebutan safdak adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap minggu depan lokasi pelaksanaan di desa sekitar Pesantren secara bergilir.

Kali ini adalah safdak akbar, safari dakwah yang dilakukan oleh seluruh santri Darunnajah Cipining dari kelas 1 TMI hingga kelas 5 TMI atau sebanyak 1487 santri yang terbagi menjadi 135 kelompok, 63 kelompok santri putra dan 72 kelompok santri putri dengan rata rata setiap kelompok berjumlah 10 santri.

Setiap kelompok sudah memiliki jadwal yang harus dilaksanakan dalam kegiatan safdak, seperti silaturahmi dengan shohibul bait (tuan rumah), silaturahmi dengan ketua RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, hingga membantu kegiatan yang ada dilingkungan masing masing kelompok safdak. Untuk memantau berjalannya kegiatan tersebut setiap kelompok memiliki ketua dari kelas 5 TMI atau pengurus dan didampingi oleh seorang guru.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari dua malam (19 –  21 Desember 2017) tersebut dilepas langsung oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah 2 Cipining KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc. Dengan di adakannya upacara pelepasan di Lapangan footsal kampus 1 yang juga di hadiri oleh jajaran dewan guru. Upacara tersebut juga bersamaan dengan pelepasan kafilah PDPM (Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat) santri kelas 6 TMI yang juga akan berlatih bermasyarakat sebagai bekal sebelum menjadi alumni Darunnajah Cipining.

Info seputar liburan santri Darunnajah Cipining.
* Selasa –  Kamis, 19 – 21 Desember 2017: Pelaksanaan Safari Dakwah
* Selasa –  Kamis, 19 – 28 Desember 2017: Pelaksanaan PDPM
* Rabu, 27 Desember 2017: Supervisi Pimpinan Pesantren bersama Kepala Biro ke lokasi PDPM
* Jum’at –  Ahad, 29 –  31 Desember 2017: Penyusunan laporan PDPM
* Jum’at, 22 Desember 2017 s/d 5 Januari 2018: Libur Semester Ganjil
* Sabtu, 6 Januari 2018: Kedatangan Pengurus Rayon, OSDC dan Pramuka (kelas 4 dan 5 TMI)
* Ahad, 7 Januari 2018: Kedatangan Santri Anggota (kelas 1, 2, 3 dan Intensif)

(red/Aa)