photo_2016-02-23_11-17-09

Kebersihan merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan, gerakan membersihkan lingkungan tempat tinggal merupakan salah satu langkah agar terciptanya kebersihan, yang mana kebersihan juga merupakan sebagaian dari keimanan seperti pepatah arab yang berbunyi “Kebersihan sebagaian dari iman”

Dalam upaya menjaga kebersihan santri cilik Darunnajah Cipining mengadakan kerja bakti yang diikuti oleh seluruh santri cilik putri setiap hari minggu pagi sebelum malaksanakan kegiatan, kegiatan kebersihan sebenarnya sudah ada didalam piket setiap kamar yang dikerjakan setiap hari secara terjadwal, dimana setiap petugas harus membersihkan kamar dari menyapu, mengepel dan membuang sampah.

Selain bertugas membersihkan kamar setiap santri juga diwajibkan untuk merapikan tempat tidur dan lemari masing masing dimana dalam kerbersihan tersebut akan di nilai dan diumumkan pada malam minggu disaat melaksanakan kegiatan  mingguan yakni Muhadhoroh.

Minggu pagi 22/2 seperti biasa mereka terlihat semangat kerja bakti membersihkan lingkungan Asrama Santri Cilik putri, sesuai intruksi dari pembimbing mereka dibagi untuk mengmbersihkan berbagai item seperti nyapu lantai, nyapu selokan, ngepel, merapihkan sandal, ngelap kaca, membuang sampah dan lainnya.

Selain sebagai upaya menjaga kebersihan kegiatan ini juga sebagai pelatihan bagi santri cilik untuk peka dan tanggap  terhadap kesehatan pribadinya. Seperti yang disampaikan ustazah Herni ketika mendampingi kegiatan tersebut,”semoga dengan kegiatan ini bisa melatih kepekaan santri cilik akan kebersihan lingkungan yang sejatinya itu untuk kesehatan diri mereka sendiri”. (Abs)

photo_2016-02-23_11-16-46

photo_2016-02-23_11-16-51

photo_2016-02-23_11-16-57