Menu

Kegiatan Fathul Mu’jam Kelas 4 dan 3 Intensif TMI

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Suasana Pembukaan dan Pengarahan Kegiatan Fathul Mu’jam Oleh Al-Ustadz Matnur Ritonga S. H. I., M. Pd

 

Cidokom Pos. Bagian Kurikulumkembali adakan kegiatan wajib dalam sistem pengajaran TMI setiap 1 tahun sekali, “Fathul Mu’jam”, kegiatan ini merupakan kegiatan penting santri ketika mereka berada di kelas 5 TMI. Dalam kesempatannya kegiatan ini menjadi kebanggaan bagi kelas 5 TMI karena telah ditambahkan ilmunya terutama yang berkaitan dengan pendidikan intelektual. Karena tertulis dalam moto pesantren bahwa seorang santri dituntut untuk memiliki pengetahuan luas, tentunya pengetahuan yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan keilmuan. Rasulullah SAW pun telah dilengkapi kepribadiannya selain dengan akhlak mulia, juga dibekali dengan pengetahuan(fathonah) yang luas.

Dan yang berbeda dengan lainnya kegiatan tersebut diikuti oleh santri kelas 4 dan 3 Intensif TMI, total yaitu sebanyak 1o7 santri putra dan putri, mengikuti kegiatan ini. Dengan bantuan sebanyak 15 guru yang  ikut membimbing kegiatan tersebut, baik itu sebagai panitia kegiatan ataupun sebagai pembimbing kelompok dalam mencari permasalahan yang terkait.

Fathul Mu’jam sendiri adalah sesuatu kegiatan pengajaran dalam sistem muadallah di TMI ini, dimana santri akan dibimbing untuk mencari makna yang tepat dengan menggunakan kamus bahasa tertentu, adapun kamus yang digunakan adalah kamus munjid, kegiatan ini juga biasa disebut dengan kasyful mu’jam. Kegiatan berlangsung selama 3 hari dimulai pada tanggal 12-14 Januari 2020. Diawali dengan pembukaan dan juga beberapa penjelasan mengenai fathul mu’jam, kemudian dilanjutkan dengan pencarian makna yang dibagi dalam beberapa kelompok pada hari selanjutnya.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Majelis Jum’at Pagi Bersama Bapak Pimpinan

Majelis Jum’at Pagi Bersama Bapak Pimpinan merupakan salah satu bentuk kegiatan rutin Mingguan yang ada di Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14. di laksanakan setiap ba’da