Menu

Praktek Manasik Haji Bagi Santri Kelas 1 dan Intensif TMI

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Cidokom Pos – Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Islam dibangun atas lima hal; bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan sungguh Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji, dan puasa (di bulan) Ramadhan.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim). Hadits tersebut jelas sekali menerangkan terkait rukun islam, sebagai kewajiban seorang muslim untuk menjalankannya. Salah satunya ibadah haji bagi yang mampu.

Menyadari betapa penting ibadah haji, maka Pesantren Annur Darunnajah 8 mengadakan praktek langsung yaitu manasik haji bagi para santri, yang dilaksanakan disekitaran area pesantren. Peserta manasik haji sendiri terkhususkan hanya untuk para santri kelas 1 dan 1 intensif TMI yang notabene masih awaw akan hal tersebut. Tidak hanya itu karena kegiatan ini melibatkan para walikelas, guru-guru fiqih dan juga staff TMI sebagai koordinasi lapangan.

Sebelum memulai manasik haji, Ust. Udin Gunadi S. Ag sebagai pemateri menjelaskan rukun haji yang dimulai dengan Ihram, Wukuf di Arafah, Mabit di Muzdalifah, Mabit di Mina, Melempar Jumrah, Thawaf, Sa’i kemudian Tahalul (memotong beberapa helai rambut). Dan juga dijelaskan hal-hal yang bisa menjadi pelanggaran dalam haji yang nantinya wajib membayar dam.

Adapun kegiatan sendiri berlangsung selama 2 hari, sehari pertama diperuntukkan bagi santri putra dan sehari berikutnya giliran santri putri. Alhamdulillah semoga dengan adanya kegiatan ini, santri-santri dapat menyimak dan mengetahui rukun haji dan bagaimana cara pengerjaan ibadah haji yang benar.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Informasi Perubahan Kalender Pendidikan Tahun 2019-2020 Kelas 3 TMI Darunnajah Jakarta

Perihal  : Informasi Perubahan Kalender Pendidikan  Tahun 2019/2020                                  31 Maret 2020                                                                 Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua Santri Kelas III