Keberkahan dimaknai kualitas sesuatu itu berkembang sehingga melampaui kualitas dan kuantitsanya.jadi jangan heran seseorang yang mendapatkan keberkahan lebih senang daripada mereka yang banyak penghasilan dan dipandang cukup materi serta kebutuhannya namun tidak berkah

Hidup indah bila mencari berkah, keberkahan dikala kita mendapat rizki, keberkahan mendapatkan apa yang kita inginkan, bahkan ada yang mengatakan berkah itu dijemput bukan ditunggu, berkah itu indah walau hanya secercah.

Karena hidup hanya sekali maka hiduplah yang berararti ,jadi manfaatkan sisa hidup kita dengan mencari keberkahan yang mudah mudahan menjadi jalan dekatnya kita dengan allah swt.

Bila hidup hanya digunakan  untuk mengeluh saja karena mendapatkan hasil yang selalu kurang, jauh dari kata cukup yah jadi itu saja yang akan dia hasilkan, mengais rezeki itu kita yang mengusahakan dan allah yang akan mencukupkan, maka kuncinya kita harus tawakal percaya kepada tuhan karena keyakinan akan mampu mengalahkan keraguan.

Nah, dalam artikel yang akan saya buat pada hari ini kita akan membahas seperti apa sih keberkahan itu dijemput dan bukan ditunggu:

  1. Menjalankan amanah

Selain manusia diciptakan untuk menyembah allah swt manusia juga tercipta untuk menjadi sang khalifah atau pemimpin diatas permukaan bumi ini ia bertanggung jawab penuh atas amanah yang akan dibebankan kepadanya. Dengan amanah ini kita akan mampu merubah sikap kita sendiri bahkan sikap orang lain yang dampaknya keberkahan bukan saja kita yang menikmati namun orang lain pun turut akan merasakannya.

keberkahan

menjalankan amanah

  1. Tumbuhkan lah rasa tanggung jawab

Karena apa apa yang akan kita lakukan ataupun sudah dilakukan pasti  dimintai pertanggung jawabannya tidak hanya didunia namun juga kelak diakhirat.

Jadi penuhilah rasa tanggung jawab kita sebagai mana mestinya berbuat adil lah dengan apa yang akan kita pikirkan dengan apa yang akan kita kerjakan, ketahuilah tanggung jawab kita akan berdampak keberkahan bila kita penuhi dan berdampak buruk bagi yang mengkhianati rasa tanggung jawabnya sendiri.

Seperti dalam hadist yang artinya tiap tiap dari kita adalah pemimpin dan tiap tiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawabannya dari potongan hadist tersebut dapat kita pelajari bahwasanya orang yang bertanggung jawab bisa memuluskan langkahnya ke syurganya allah dan bisa  membawa keberkahan juga bagi yang lain namun siapa saja yang berkhianat maka banyak hal yang akan buruk yang akan menimpanya.

bertanggung jawab

bertanggung jawab

  1. Bergerak

Bergeraklah karena dalam pergerakan akan banyak keberkahan. Melihat orang yang aktif dengan orang yang fasif tentu akan berbeda seperti halnya aliran air mengalir dengan air yang menggenang tanpa kita sadari atau tidak air yang mengalir akan memberikan manfaatnya dan dirasakan berkahnya dimana air itu mengakhiri alirannya sedangkan air yang menggenang disuatu tempat ia akan merusak akan membau bahkan sekalipun air itu dalam volume banyak pun tetap saja didaerah sekitarnya tidak merasakan kesegaran dan manfaat airnya.

Bahkan jangan aneh bila kita menemukan didalam suatu masyarakat yang warganya aktif maka akan maju, solideritasnya tinggi karena warganya bergerak dan kreatif dan sudah kita pastikan bila warga dalam kampungnya sepi tidak maju bisa disimpulkan bahwa warganya tidak ada yang bergerak.

bergerak

bergerak

  1. Menciptakan solusi

Terciptanya solusi karena akan kita jumpai bahwa keberkahan pun membawa pikiran kita kepada pikiran positif, inspiratif, inovatif karena jika manusia atau insan dalam fase seperti ini moodnya akan meningkat instingnya akan tajam terhadap apa yang akan diterkamnya sekalipun menemui masalah atau hambatan maka akan mudah dipecahkan.

menciptakan solusi

menciptakan solusi

  1. Istiqomah dalam kebaikan

Jika kita dalam keadaan tentram dengan ibadah kita, damai dalam kekhusyuan kita ,bisa jadi itu adalah berkahnya kita dalam mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, istiqomah disini perlu ditumbuhkan dibangkitkan dan diperjuangkan karena apabila kita sudah mampu istiqomah janganlah kita coba menghindarinya.

Bersyukurlah seseorang yang sudah istiqomah dalam kebaikan maka keberkahan serta rezeki akan selalu mengalir kepadanya dan ingat keberkahan serta rezeki itu tidak hanya harus dengan materi saja. keimanan keislaman kita yang bertambah adalah bentuk keberkahan yang tinggi jadi bersyukurlah.

istiqomah dalam kebaikan

istiqomah dalam kebaikan

  1. Berlomba lomba dalam kebaikan

Terus berlomba dalam kebaikan sekalipun berlomba dalam kebaikan ini banyak tantangan tidak perlu memikirkan mereka yang tidak tau visi dan misi kita dalam berlombanya kita yang berusaha dan mencari keberkahannya dan allah swt lah yang akan menilainya.Manfaatkan waktu yang ada dengan semaksimal mungkin karena hidup kita hanya sekali sekali ini lah yang berarti karena penyesalan datang diakhir waktu bukan diawal waktu.

Fariz Di kota Masjid Nabawi Madinah

Fariz Di kota Masjid Nabawi Madinah

  1. Selalu sabar

Sabar membawa keberkahan

Sabar membawa keberuntungan

Sabar membawa kenikmatan

Sabar dalam penantian mungkin bisa jadi menyakitkan tapi sabar tidak mengkhianati hasil

allah pun meletakan seseorang yang sabar dalam tempat yang tinggi.

Jadi,guys sabarlah atas apa yang akan menimpa kita.

sabar

sabar

  1. Tidak berputus asa

Janganlah kita berputus asa dalam rahmat dan lindungan allah karena barang siapa yang berputus asa ia tidak mendapatkan apa apa yang ia inginkan dan ia butuhkan.

Berusaha dan doalah kuncinya karena kita sebagai hamba tidak tau kapan kita akan disukseskan dan akan menemukan kebahagian yang permanen

tidak berputus asa

tidak berputus asa

  1. Optimis

Dalam satu ayat dijelaskan bahwa allah tidak akan membebani hambanya selain dari hambanya bisa mampu memikulnya husnuudzon kepada allah perlu ditingkatkan karena jika kita selalu suudzon dengan pencipta kita sendiri maka apa artinya kita hidup diatas bumi allah ini.

Optimis disini percaya diri dengan usaha kita dan ibadah kita semoga diterima oleh yang maha kuasa.

فاذعزمت فتوكل على الله

optimis

optimis

(red/sensei)

https://www.youtube.com/watch?v=xMx4QAFsGaA