Kajian Rutin Guru Pondok Pesantren Al-hasanah Darunnajah 9 Pamulang
Menu

Kajian Menambah Wawasan!

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kajian Rutin Guru Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Kajian Rutin Guru Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang
Kajian Rutin Guru Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Pada hari Senin tanggal 13 November 2017 Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang melaksanakan kegiatan rutinnya yaitu makalah atau kajian yang diikuti oleh guru Darunnajah 9 saja. Kegiatan ini bertempat di Masjid Jami’ Al-Hasanah. Kegiatan ini dipindah jadwalkan yang tadinya hari Selasa pagi menjadi hari Senin sore setelah halaqoh berlangsung.

Pada kesempatan kali ini yang menjadi pemakalah ialah Al-Ustadzah. Nafilah Hanifah yang membawakan judul “Jenazah”. Di makalah ini juga menjelaskan tata cara dari mulai memandikan jenazah hingga menguburkan jenazah.

Pada kesempatan ini juga kehadiran Al-Ustadz. Irfan Amaru Bittaqwa yang akan menjelaskan dan mengoreksi bahkan menambahkan permasalahan yang ada pada makalah tersebut. Setelah beliau menjelaskan baru lah moderator mempersilahkan kepada para guru jika ada yang mau bertanya sesuatu hal tentang “Jenazah”. Kami pun sangat antusias mendengarkan jawaban-jawaban yang disampaikan oleh beliau, karena sekaya-kaya nya kita di dunia tetap saja rumah kita untuk yang terakhir hanya lah tanah yang bertuliskan nisan. Seperti yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 185  : كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ

Adapun do’a dalam sholat jenazah ialah:

ALLAAHUMMAGHFIR LA-HU (HAA) WARHAM-HU (HAA) WA’AFI-HI (HAA) WA’FU ‘AN-HU (HAA), WA AKRIM NUZUULA-HU (HAA), WAWASSI’ MADKHOLA-HU (HAA), WAGHSIL-HU (HAA) BIL MAA-I WATS TSALJI WAL-BARADI, WANAQQI-HI (HAA) MINAL KHATHAYAAYAA KAMAA YUNAQQATS TSAUBUL ABYAD-HU (HAA) MINAL DANASI, WA ABDIL-HU (HAA) DAARAN KHAIRAN MIN DAARI-HI (HAA), WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLI-HI (HAA), WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAU-JI-HI (HAA), WAQI-HI-(HAA)FITNATAL QABRI WA’ADZABAN NAARI.

Yang artinya :”Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Semoga kajian ini tetap istiqomah dan menambah wawasan kita terhadap agama Islam tentunya aamiiin.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait