Ka. Prodi dan Dosen PGMI Universitas Darunnajah Ikuti Pertemuan Tahunan dan Konferensi Nasional di Yogyakarta

Ka. Prodi dan Dosen PGMI Universitas Darunnajah Ikuti Pertemuan Tahunan dan Konferensi Nasional di Yogyakarta

Bagikan

Ka. Prodi dan Dosen PGMI Universitas Darunnajah Ikuti Pertemuan Tahunan dan Konferensi Nasional di Yogyakarta

Sebanyak 127 dosen PGMI dari seluruh Indonesia hadir membersamai rangkaian acara Pertemuan Tahunan dan Konferensi Nasional yang berlangsung di Hotel New Saphir Yogyakarta pada 09-10 September 2022.

Univeritas Darunnajah mengutus Ka. Prodi PGMI, Ahmad Farid, S.Pd., M.Ag dan Dosen PGMI, Heri Dermawan, M.Pd untuk hadir mengikuti rangakaian acara tersebut.

Dalam acara pembukaan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si. menegaskan bahwa
“Tanpa guru, Indonesia sulit untuk merdeka,”

Menurutnya, guru harus mampu menghadirkan pendidikan yang mencerahkan, pendidikan yang membebaskan dan pendidikan yang terus berinovasi sesuai perkembangan zaman. Pendidikan yang juga mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tentunya sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini.

Oleh karenanya, pertemuan ini menjadi salah satu langkah untuk memulai cita-cita tersebut. Agar seluruh dosen PGMI bisa ikut andil dan berkontribusi menghadirkan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah maupun Sekolah Dasar yang berkualitas, unggul serta kompetitif dalam skala nasional maupun internasional.

Ditegaskan lagi oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. bahwa “Prodi PGMI mesti melakukan kolaborasi, bukan berkompetisi. Karena dengan berkolaborasi kita bisa berprestasi”.

Harapannya melalui pertemuan tersebut, seluruh dosen PGMI bisa saling bertukar informasi, pengalaman serta ide untuk mewujudkan pendidikan yang terbaik di Indonesia.

Selanjutnya, pada pertemuan tersebut juga berlangsung konferensi nasional yang bertemakan Seminar MBKM Best Practice Prodi PGMI dan Akreditasi Internasional. Dalam konferensi nasional tersebut, utusan Prodi PGMI Universitas Darunnajah, ikut berkesempatan mempresentasikan hasil penelitiannya yang bertemakan Pengembangan Strategi Pembelajaran MI/SD yang Inovatif Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Setelah rangkaian konferensi nasional selesai, maka dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama lintas prodi Se-indoensia yang ikut hadir dalam acara tersebut, diantaranya:
1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
2. UI Zainul Hasan Genggong Probolinggo
3. IAIN Amay Gorontalo
4. Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng – Banyuwangi
5. Universitas Garut
6. Institut Daarul Qur’an

Tidak hanya itu tetapi juga diadakan pembentukkan struktur baru Pengurus Pusat PD PGMI masa bakti 2022-2027. Masing-masing peserta yang hadir diberikan kewenangan untuk memilih siapapun untuk menjadi ketua pusat. Karena pemilihan dilakukan secara LUBERJURDIL (Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil).

Setelah proses pemilihan selesai, terpilihlah ketua pengurus baru yaitu Dr. Andi Prastowo, M.Pd, dosen Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga, ia terpilih secara voting sebagai ketua PD PGMI yang baru.

Semoga dengan terpilihnya ketua pusat PD PGMI yang baru, bisa menambah semangat para dosen untuk bergerak bersama mencapai cita-cita yang telah ditetapkan.

(Darunnajah/Fera Indriani)

 

———————————–
Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram: @univ.darunnajah
Facebook: Universitas Darunnajah Jakarta
Tiktok: univ_darunnajah
Whatsapp: 0812-2200-1443, 0812-4000-1302
Website: www.darunnajah.ac.id

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah