Pelepasan PPM Darunnajah 2012-2013JAKARTA/dn.com – Para Santri kelas akhir Tarbiyatul Mu’allimin/at Al Islamiyah (TMI) Darunnajah yang akan melaksanakan Kegiatan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) resmi dilepas pada hari Rabu, 12 Safar 1434 H/26 Desember 2012 pukul 06.30 Wib, yang bertempat di lapangan upacara Darunnajah. Pimpinan Pesantren Darunnajah, Drs.K.H. Mahrus Amin, melepas keberangkatan santri kelas VI Tarbiyatul Mu’allimin/at Al Islamiyah (TMI) Darunnajah menuju lokasi Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Kegiatan PPM merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh santri yang akan menamatkan studinya dari Darunnajah, karena ini merupakan kegiatan sunah pondok dan sebagai syarat memperoleh ijazah Negeri, ijazah pondok, dan sebagai tolak ukur bahwa alumni Darunnajah dapat seraca langsung terjun di dalam masyarakat untuk berdakwah.

Bentuk kegiatan PPM dilapangan adalah meliputi kegiatan yang berorientasi kepada kemasyarakatan diantaranya praktik kegiatan pada bidang keagamaan, praktik kegiatan pada bidang sosial, bidang pendidikan dan pada bidang keterampilan.

Santri kelas 6 TMI putra dan putri yang berjumlah 204, plus pembimbing dan panitia itu mendapat pengarahan dan nasihat-nasihat terutama menghadapi aliran dan agama lain, mengingat yang kita ketahui, di Kuningan memang banyak aliran kepercayaan. Ada Jama’ah Ahmadiyah, Al Qiyadah, Al Quran Suci, Mad Rais, Sunda Wiwitan, juga kristenisasi.

sebelum santri-santri diterjunkan dimasyarakat mereka terlebih dahulu digembleng dan dibekali ilmu-ilmu agama dan latihan mengajar di pondok. dalam kesempatan pratik mengabdi di masyarakat ini, semoga ilmu yang diajarkan di pondok bisa di manfaatkan santri-santri untuk bekal mereka terjun dimasyarakat. rencananya kegiatan praktik pengabdian masyarakat ini di laksanakan di dua kecamatan di kabupaten Kuningan, Jawa Barat.