Pondok Pesantren Darunnajah 8 An-Nur Cidokom Gunung Sindur Bogor (9)

Salah satu dari panca Jiwa yang harus dimiliki oleh orang di dalam kampus Pesantren,khususnya Darunnajah yaitu Jiwa keikhlasan. Para santri ikhlas ketika menuntut ilmu walau berat, ikhlas jika dimarahi dan dihukum oleh guru. Begitu pula sebaliknya, guru pun harus ikhlas dalam membina santri/murid, ikhlas tanpa pamrih, ikhlas berbuat bukan karena ingin dipuji, hendak cari nama atau ingin mendapatkan penghargaan.
Guru ikhlas dan konsisten berbuat baik dan beramal, memiliki perasaan nikmat dalam berbuat kebajikan. Guru yang ikhlas akan sibuk berbuat meskipun membutuhkan pengorbanan pikiran, tenaga dan waktu.
Ali bin Abi Thalib RA berkata:”orang yang ikhlas adalah orang yang memusatkan pikirannya agar setiap amalnya diterima Allah SWT.”
Rasulullah Bersabda :”sesungguhnya Allah tidak melihat (menilai) bentuk tubuh serta kemolekan wajahmu, tapi Allah melihat (menilai) keikhlasan yang beersemayam dalam hatimu” (Muttafaq ‘alaih).
Memang,ikhlas adalah sifat baik yang mudah diucap tapi sulit dilakukan. Disiplin saat di depan santri dan pimpinan pesantren, tetapi tidak peduli waktu saat sendirian. Berapi-api saat menyuruh santri belajar, tapi guru sendiri malas belajar. Dipuji senang, ditegur tidak terima dan sempitlah dada. Senang melihat guru lain susah dan susah melihat guru lain senang. Tanya pada nurani, sudahkah kita jadi pribadi yang ikhlas ?
Mari tanamkan dalam jiwa kita”saya ikhlas jadi guru. Percayalah tujuan saya ikhlas, hanya ingin mengajar dan mendidik para santri”.

Annur Darunnajah 8 Cidokom

Jl.Intan 1. Desa cidokom, Gunungsindur, Bogor Jawa Barat

Web:cidokom.darunnajah.com