Menu

Jiwa Bebas ala Pesantren

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pondok Pesantren Darunnajah 8 An-Nur Cidokom Gunung Sindur Bogor (5)

Salah satu jiwa yang harus dimiliki oleh setiap santri, yaitu jiwa kebebasan yang seluas-luasnya.

Pesantren Annur Darunnajah 8 memberikan pola dasar pendidikan terhadap santri melalui panca jiwa, salah satunya jiwa bebas.
Maksud bebas disini, santri dididik untuk berfikir, bertindak, menentukan kehidupan di masyarakat dan bisa membedakan antara jalan hidup yang baik-buruk.

Di Pesantren, santri tidak diajarkan untuk menjadi seorang da’i saja, seorang guru saja, hanya menjadi seorang pegawai swasta, seorang bisnisman, akan tetapi santri dididik untuk mencapai masa depan tujuan hidup mereka masing-masing. Nah, santri tinggal memilih secara bebas kemanakah arah dan tujuan hidup untuk masa depannya. Pesantren hanya memberikan pendidikan dasar atau pelayan bagi santri. Maka dari itu, santri bebas untuk berbuat dan berfikir, akan tetapi walau diberikan kebebasan santri tidak boleh menyalahgunakan sehingga bisa kehilangan arah dan tujuan.

Untuk tidak hilangnya prinsip, arah dan tujuan para santri, para guru harus selalu mem-backup setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh santri. Guru selalu mengarahkan santri kepada yang positif.

Kebebasan bagi santri hendaklah selalu dalam koridor atau garis-garis kedisiplinan yang telah dibuat oleh Pesantren serta merasa bertanggung jawab akan tugas-tugas sebagai santri.

Annur Darunnajah 8 Cidokom
Jl.Intan 1 Cidokom Gunungsindur Bogor Jawa Barat.
Web : cidokom.darunnajah.com
+6281276114968

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Orang Pinter Kalo Gak Bener Jadinya Keblinger
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Orang Pinter Kalo Gak Bener Jadinya Keblinger

Hari-hari ini terdapat info viral yang harus dijadikan bahan refleksi diri atau muhasabah nafsi karena seperti dinyatakan sang bijak bestari bahwa bencana atau musibah yang

Guru Atau Dokter
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Tentukan Pilihan Mu Sekarang! Mau Jadi Guru Atau Dokter?

Sedari kecil dulu kalau ditanya cita-cita nanti besar mau jadi apa maka diantara jawaban anak-anak mayoritas adalah ingin jadi dokter. Jawaban tersebut antara lain disebabkan