Pondok Pesantren Darunnajah 8 An-Nur Cidokom Gunung Sindur Bogor (5)

Salah satu jiwa yang harus dimiliki oleh setiap santri, yaitu jiwa kebebasan yang seluas-luasnya.

Pesantren Annur Darunnajah 8 memberikan pola dasar pendidikan terhadap santri melalui panca jiwa, salah satunya jiwa bebas.
Maksud bebas disini, santri dididik untuk berfikir, bertindak, menentukan kehidupan di masyarakat dan bisa membedakan antara jalan hidup yang baik-buruk.

Di Pesantren, santri tidak diajarkan untuk menjadi seorang da’i saja, seorang guru saja, hanya menjadi seorang pegawai swasta, seorang bisnisman, akan tetapi santri dididik untuk mencapai masa depan tujuan hidup mereka masing-masing. Nah, santri tinggal memilih secara bebas kemanakah arah dan tujuan hidup untuk masa depannya. Pesantren hanya memberikan pendidikan dasar atau pelayan bagi santri. Maka dari itu, santri bebas untuk berbuat dan berfikir, akan tetapi walau diberikan kebebasan santri tidak boleh menyalahgunakan sehingga bisa kehilangan arah dan tujuan.

Untuk tidak hilangnya prinsip, arah dan tujuan para santri, para guru harus selalu mem-backup setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh santri. Guru selalu mengarahkan santri kepada yang positif.

Kebebasan bagi santri hendaklah selalu dalam koridor atau garis-garis kedisiplinan yang telah dibuat oleh Pesantren serta merasa bertanggung jawab akan tugas-tugas sebagai santri.

Annur Darunnajah 8 Cidokom
Jl.Intan 1 Cidokom Gunungsindur Bogor Jawa Barat.
Web : cidokom.darunnajah.com
+6281276114968