Jangan Salah Pilih Teman !

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Pondok Pesanten Darunnajah 2 Cipining
Pondok Pesanten Darunnajah 2 Cipining

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam mengarungi kehidupan ini, salah satu yang perlu kita punya adalah seorang teman, namun dalam memilih teman kita harus berhati hati, pilihlah teman yang akan membawa kita pada ketaatan pada Allah swt, teman yang membuat kita selalu ingat akan kebesaran Allah swt.  Karena kelak di akhirat semua manusia akan saling bermusuhan kecuali yang diikat dengan pertemanan kepada Allah swt.

Oleh karena itu dalam hidup ini kita harus pandai dalam memilih teman, bukan hanya yang akan membuat kita nyaman mengarungi kehidupan di dunia yang fana ini tapi juga yang akan mengantar kita kepada surga Nya Allah swt. Lalu kepada siapakah kita harus berteman? Siapakah teman yang baik bagi kita? Teman yang akan selalu setia bersama kita baik di dunia maupun di akhirat? Teman yang baik dan setia adalah amal shaleh, dialah sebaik baik teman.

Al Bazzar meriwayatkan dalam musnadnya dan Al Baihaqi dalam syu’abul iman. Dari Abu Hurairah Ra, Nabi Saw bersabda; Permisalan anak Adam dengan harta dan amalnya bagaikan seseorang yang memiliki 3 kekasih. Kekasih pertama berkata; “aku akan bersamamu selama kau hidup, tapi jika kau meninggal, maka kau bukan bagian dariku dan aku bukan bagian dari dirimu”. Itulah harta. Kekasih kedua berkata;”aku akan bersamamu, tapi jika kau telah sampai kuburmu, maka kau bukan bagian dariku lagi dan aku bukan bagian darimu”. Itulah anak. Dan kekasih ketiga berkata;”aku akan selalu bersamamu dalam hidup dan matimu”. Itulah amal shaleh.

Sebagaian ulama ditanya, siapakah teman yang paling baik? maka mereka menjawab”amal shaleh”. Maka sesungguhnya amal shaleh adalah sebaik baiknya teman bergaul. Dimana, kapan dan bersama siapa kita harus menunjukan amal shaleh. Sekecil apapun bentuknya meski sekedar tersenyum kepada saudara kita, bila itu akan membuat timbulnya kebahagiaan maka lakukanlah, walau hanya menyingkirkan kerikil dijalan raya, bisa saja krikil tersebut  akan menjadi asbab terjadinya kecelakaan/musibah maka lakukanlah.

Kehidupan dunia adalah kehidupan yang penuh dengan tipu daya, kita perlu mempunyai teman yang sejati seperti amal shaleh agar tidak terpedaya oleh permainan dunia yang fana ini. Karena bila kita terjebak dalam permainan dunia ini, maka penyesalan yang abadi telah menanti. Naudzubillah. (Abs)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Video Call Santri Dengan Orang Tua

Pesantren memberi fasilitas video call gratis bagi santri untuk menjalin komunikasi yang baik dengan ayah dan ibu tercinta Darunnajah Principal’s Speech On The Courtesy Call