Dalam ajaran islam yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW. sejak 14 abad yang lalu, beliau memaparkan hakekat kehidupan manusia dalam peradabannya. Bahwasanya manusia ialah makhluk sosial, yang saling membutuhkan satu sama lain.

Kewajiban manusia dalam membangun peradaban, diantaranya mampu menciptakan keharmonisan dalam membina hubungan interaksi sosial.

friendship

friendship

Salah satu faktor yang dapat menumbuhkan rasa harmonis ialah teman dalam pergaulan. Ketika interaksi ini terjalin dengan apik, maka akan ikut serta didalamnya secara otomatis keharmonisan yang diharapkan oleh setiap manusia.

Alasan memilih teman juga sebagai acuan dalam menjaga keharmonisan tersebut, supaya tidak terjadi penyimpangan haluan dalam kemudi bersosial. Tidak memandang si kaya dan si miskin, si tampan dan si cantik, kedua hal yang saling kontradiksi apabila saling dipersatukan akan menjadi satu kesatuan selagi menjunjung tinggi nilai toleransi.

Teman juga alasan seseorang kecewa, sedih, gembira, tertawa. Hadirnya ditengah rumpun kehidupan sebagai pewarna kepolosan seseorang dalam berinteraksi.

Setiap orang harus pandai memanfaatkan kehadiran temannya, sebagai bagian dari dirinya. Tanpa mengukur untung rugi, karena apabila ia hanya mengukur keuntungan saja disaat ia merasa rugi, ia akan mengalami kekecewaan yang luar biasa.

 

friendship

friendship

Seorang teman yang bijak akan memuliakan temannya, selama ia butuh bantuan ia siap menolong. Karena dengan itu ia membuka pintu keridloan tuhan sehingga menurunkan rahmatnya kepada para pelaku yang saling berinteraksi. akan sampai pada penghujung tali pertemanan yang dirajutnya, sampai maut memisahkan, tiada lain mengaharapkan agar teman kita di Dunia kelak teman kita di Surga, karena kita saling memuliakan satu sama lain.

by : AbdurrahmanAddakhil

syirhan-dn1