Pidato Itu Indah

  mhdrhMinggu 17 Februari 2013 para Santri Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14, Terlihat antusias mengikuti kegiatan mingguan yaitu Muhadoroh. Muhadoroh adalah kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh Santriwan dan Santriwati Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 yang dilakukan seminggu dua kali yaitu setiap malam jum’at setelah mufrodat bagi santri mukim dan hari minggu setelah Dzuhur untuk seluruh santrI .

Dalam kegiatan yang satu ini Santriwan dan Santriwati diwajibkan untuk berpidato didepan teman-teman dan kakak kelas dengan menggunakan tiga bahasa yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia. Mengapa kita diharuskan menggunakan tiga bahasa ???
agar dimanapun kita berada kita selalu memakai bahasa, karena bahasa adalah mahkota Pondok.
Kegiatan ini berguna untuk melatih mental santri agar mereka merasa percaya diri jika tampil didepan banyak orang dan menjadikan santri berwawasan dalam bahasa dan berpidato, karena setiap santri yang berpidato akan dinilai dan dikoreksi agar kian hari para santriwan/santriwati semakin baik dan memukau dalam berpidato . Selain Muhadoroh adapun ekstrakurikuler yang juga melatih santri untuk berpidato yaitu Jamiatul Mubalighin atau IMANDAINI (ikatan remaja pecinta dakwah islamiyah nurul ilmi) yang bersifat sunah.
Imandaini adalah suatu kelompok Jamiatul mubalighin atau suatu kelompok pendakwah yang membawakan dakwah dengan cara lisan yang membahas teori dakwah.
Imandaini juga berperan penting dalam berpidato karena ekstrakulikuler ini juga mengajarkan bagaimana tata cara berpidato yang baik dan benar, tata cara membuat teks pidato yang baik, cara membuat muqodimah dan penutup yang baik, urutan penyampaian pidato dan juga diajarkan hadist-hadist yang nantinya akan dibuat untuk contoh bahan membuat pidato.