Menu

Islamic Book Fair ke-12 Tahun 2013

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Masih terngiang bagaimana spectrum perhelatan akbar Islamic Book Fair (IBF) 2012 berlangsung di tahun 2012 lalu, kini umat Islam Indonesia dipertemukan kembali dengan IBF 2013. Senang dan bangga rasanya. Ternyata umat Islam Indonesia sangat menaruh perhatian terhadap hal seperti ini. Semoga IBF yang diklaim sebagai pameran buku terakbar di Asia Tenggara ini benar-benar menjadi ajang silaturahim masyarakat dan buku. Penulis dan pembaca. Ulama, pelajar, serta semua pihak yang memiliki passion untuk berjuang mengembangkan ummat berlandaskan keimanan beriring keilmuan.

Jadwal Kegiatan
Jadwal Kegiatan

Penyelenggaraan IBF 2013 berlangsung dari tanggal 1 s.d. 10 Maret 2013. Hal ini maju dari tahun sebelumnya yang jatuh pada tanggal pada 9-18 Maret 2012. Sebagai pihak penyelenggara, IKAPI DKI Jakarta perlu mendapatkan apresiasi. Dari tema yang diusung “Kuat dan Mandiri dengan Pendidikan Qur’ani” di tahun 2012, kini destinasi wisata buku Islam terbesar dan terlengkap IBF terselenggara dalam tema ‘Menuju Ummat Berkarakter Qur’ani’.

Kurang lebih 4 tahun ini Kemeriahan dan semangat IBF menjalari para santri Darunajah Cipining. Meski jarak dan waktu yang tebatas, mereka tetap ingin turut hadir langsung melebur bersama pengunjung lain ke lokasi yang berada di Istora Senayan Jakarta. Bagi santriwati, biasanya berangkat dengan mengambil hari libur mingguan, yaitu Jum’at. Pada hari Jum’at mereka bisa berangkat pada pagi harinya sehingga sampai di lokasi lebih awal. Karena IBF baru dibuka pada pukul 10. Jika santri putra, biasanya lebih suka hadir di hari terakhir IBF yang jatuh pada hari Ahad. Selain menyaksikan grand closing, mereka mengaku bisa mendapatkan barang-barang berdiskon tinggi.

Mereka juga membawa pulang semangat IBF itu dan ditaburkan kembali di pesantren. Hal ini salah satunya terekam dengan obsesi mereka memindahkan IBF ke pesantren. IBF, meski masih kecil-kecilan beberapa kali pernah digelar di Darunnajah Cipining. Para santri mengundang beberapa penerbit untuk bersedia membuka stand di sana. Penerbit yang kerap kali hadir di antaranya adalah Mizan. Namun di tahun ini, IBF terpaksa tidak dapat digelar dikarenakan lokasi yang masih dalam rangka perbaikan. Namun, semangat santri Darunnajah Cipining menyambut IBF ke-12 di Gelora Bung Karno cukup baik. Dalam beberapa rapat mingguan dewan guru, kegiatan kunjungan tidak luput dibahas. Sebagai penanggung jawab rombongan kunjungan, pesantren menunjuk bagian bagian perpustakaan.

Acara IBF ke-12 yang didukung oleh BNI Syariah sebagai sponsor utama telah dibuka pada hari Jum’at (1/3) kemarin. Acara dibuka oleh pejabat Negara yaitu Menteri Koordinator Perekonomian M. Hatta Rajasa. Turut hadir pada pembukaan antara lain Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Wakil Menteri Agama Nasarudin Umar, dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault.

Pihak panitia menginformasikan bahwa sedikitnya terdapat 80 mata acara tersaji pada ajang yang dibuat dalam konsep edutaiment, yakni edukasi yang dikemas dengan entertaiment. Di antara rangkaian agendanya adalah lomba debat, festival nasyid, festival studi Islam, bedah buku, talkshow, seminar, dan lainnya.

Ketua Panitia IBF 2013 Khaerudin menuturkan, kegiatan ini menghadirkan 367 stan, mencakup 162 perusahaan, terdiri atas 95 penerbit, dua toko buku, 15 distributor, 37 nonbuku (multi produk), 8 media massa, dan 5 perusahaan sponsor. Ia juga mentargetkan kalau IBF kali ini diharapkan dapat menyedot pengunjung sebanyak 400 ribu orang. Masih menurutnya, IBF diharapkan dapat turut serta mencerdaskan anak bangsa melalui buku.

Destinasi wisata pendidikan dan intelektual yang sekaligus menyuguhkan nuansa Islami ini, setiap hari akan diisi oleh berbagai acara edutainment mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00 wib. Setiap harinya, penyelenggara mengangkat tema acara yang berbeda-beda. Dengan menghadirkan tokoh-tokoh nasional maupun internasional.

Setelah prosesi pembukaan IBF 2013, diumumkan juga penganugerahan IBF award untuk kategori buku Islam terbaik dan tokoh perbukuan Islam tahun 2013. Lalu, dilanjutkan dengan Launching dan Bedah Buku “The Great Quran, Referensi Terlengkap Ilmu-ilmu Al Quran” menghadirkan pembicara Dr. Hidayat Nur Wahid dan Ustadz. Attabiq Luthfi. Menariknya, IBF di hari pertama ini akan menggelar Audisi tari Saman. Serta dilanjutkan dengan Bedah Buku “Karena Aku Cinta Baginda Nabi” oleh penulis novel ternama Indonesia Habiburrahman El Shirazy.

Di hari Kedua, ketiga telah berlangsung. Di hari Keempat ini, IBF 2013 bertajuk “IBF Bangun Kemandirian Umat” menggelar acara Talkshow “27 Jurus Jitu Meraih Impian” mengundang Samsul Arifin sebagai pembicara. Lomba Debat Antar Kampus (Babak Penyisihan) pun digelar di hari itu. Salim A. Fillah dan Kak Bimo (Pendongeng Anak) akan mengisi Talkshow “Kondisi Gaza Terkini”. Menariknya di Panggung Utama, KH. Hasyim Muzadi akan membedah Buku Miftahurrahman “Konkordansi Al-Qur’an Berbahasa Arab Karya Pertama Putera Bangsa”.

Nah, untuk besok Selasa (5/3) tema utamanya adalah‘IBF Mempersatukan Umat. Setiap hari terdapat berbagai acara yang sangat saying untuk dilewatkan. Pada hari terakhir, akan ditutup dengan rangkaian hiburan, penyerahan penghargaan stan terbaik, dan talk show kepemimpinan Indonesia 2014 dengan menghadirkan Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D., S.H., S.U., Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Dr. H.M. Hidayat Nur Wahid, M.A., dan Burhanudin Muhtadi. Semuanya akan disajikan mulai pukul 18.00 sampai dengan 21.00 wib. di panggung utama.

Bagi yang belum datang, mari ikut meramaikan acara ini!!! (red)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Surat pemberitahuan perubahan kegiatan dan SPP

Surat Pemberitahuan Perubahan Kegiatan dan SPP 258. Surat pemberitahuan perubahan kegiatan dan spp Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Santri Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 di