sukses ujian

sukses ujian

Masalah terbesar dalam menghadapi ujian adalah terbatasnya waktu untuk persiapan menjelang ujian, padahal sebenernya waktu untuk menghadapi ujian sudah di mulai sejak awal belajar di sekolah, inilah yang harus di rubah dari polafikir anda. Karena menghadapi ujian dengan system kebut semalam membuat ujian kita jauh dari yang diharapkan, namun jangan berkecil hati santri zaman now punya cara agar dapat membuat ujian anda sukses! berikut 9 cara sukses dalam menghadapi ujian :
1. Ciptakan suasana yang nyaman untuk belajar

Banyak hal yang bisa buat suasana nyaman untuk belajar, diantaranya dengan mencari tempat yang nyaman, jauh dari keramain dan suasana yang dapat memecah konsentrasi belajar.

Ketika bosan dengan suatu tempat maka berpindahlah ketempat-tempat yang anda sukai, di pesantren tempat pavorit bagi santri adalah dihalaman belakang masjid, tepi sungai, halaman kelas, dibawah pohon. Intinya carilah tempat yang buat anda nyaman untuk belajar.

2. Membuat daftar mata pelajaran
Cara ini juga sangat penting dengan mengetahui jumlah mata pelajaran anda dapat membagainya kedalam hari efektif belajar, sebelum menghadapi ujian.
Contohnya dipesantren darunnajah terdapat kelas intensif bahasa ,yang mempunyai 14 mata pelajaran, sedangkan waktu ujian hanya 2 minggu, maka santri dapat belajar dengan fokus dan memaksimalkan waktunya 1 hari 1 mata pelajaran.
3. Membuat jadwal waktu belajar

Tahap ini anda harus membuat waktu belajar yang lebih spesifik, dari bangun tidur hingga tidur kembali dan tempel jadwal tersebut di tempat sering terlihat jangan lupa gunakan jam beker agar anda selalu ingat.

Biasanya santri di pesantern melakuakan atifitasnya selama 24 jam dengan selalu di ingatkan oleh bell, kapan waktu mandi, makan, belajar, dan lain sebagainya.

Ingatlah! Jauhi aktifitas yang membuat waktu anda terbuang sia-sia, seperti banyak mengobrol, terlalu banyak tidur sehingga tidak terasa ternyata ujian sudah di depan mata. seperti kata pepatah arab “الوقت اثمن من الذهب” waktu itu lebih berharga dari pada emas.

4. Belajar memahami materi yang akan di ujikan

Setelah mengetahui waktu kapan anda belajar, maka buatlah target pencapaian berapa judul atau berapa mata pelajaran yang akan anda pelajari. Agar lebih memudahkan belajar buatlah rangkuman dari suatu materi dengan menemukan pokok pikiran,setelah itu anda baca berulangkali agar ingatan anda semakin kuat.

Adapun komponen utama dalam belajar sebagai berikut:
1. Membaca keseluruhan teks materi
2. Menbuat intisarimateri
3. Menghafal bagian yang sulit
Santri dipesantern sudah terbiasa menghafal beberapa mata pelajaran seperti menghafal hadist, ayat Al-Qur’an, atau kata-kata mutiara yang berbhasa arab atau inggris. adapun cara menghafal tercepat adalah dengan membacakan secara lantang, kenapa harus lantang? karena dapat dengan mudah terekam olah otak, selain itu ketika terjadi kesalahan dalam hafalan santri dapat saling mengoreksi.

5. Persiapkan diri, banyak berlatih dengan soal-soal

Persiapan yang paling efektif adalah menguasai tipe soal yang akan di ujikan. Anda dapat melihat soal-soal tahun lalu atau memebeli buku soal-soal yang biasa dinujikan.

Adapun santri, karena bermukim dalam lingkungan pondok biasanya mereka banyak terbantu oleh kakak kelas, ustadz atau ustadzah pembimbing yang siap menjawab dan membantu santrinya 24 jam.

Ayoo mondok di Darunnajah Cipining

Waktu belajar tidak hanya dalam kelas namun bisa kapan pun dan dimanapun, santri juga di wajibkan membawa buku kemanapun kecuali ke kamar mandi, juga di wajibkan adanya Berdialog atau tanya jawab pelajaran sesama santri, ini adalah sebagai bentuk pengkondisian agar suasana ujian lebih terasa dan kondisif.

6. Menjaga kesehatan dan banyak mengkonsumsi vitamin ketika ujian berlangsung

Banyaknya santri yang terlalu semangat belajar sehingga melupakan waktu istiratahatnya. Padahal mengistirahatkan otak dan tubuh juga sangatlah penting.

Anda bisa banyangkan sudah berjuang belajar dengan keras namun ketika tiba waktu ujian jatuh sakit. sangat merugi sekali, ujian jadi tidak focus lemah dan sebagainya walhasil nilai ujian menjadi tidak maksimal.

Selain itu dalam menghadapi ujian siapkanlah makanan bergizi, nutrisi atau vitamin yang dapat membantu menyehatkan, dan hendaklah menjaga makanan yang masuk dalam tubuh anda, seperti tidak terlalau banyak mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas, es dan lain sebagainya.

7. Percaya diri, anda pasti bisa..! menghadapi ujian !

Jika materi sudah dikuasai maka persiapkan mental, yakinlah anda bisa sukses dalam ujian! Karena, usaha tidak pernah memebohongi hasil. Maka hadapi ujian dengan rilex dan percaya diri.

Apalagi ketika anda menghadapi ujian lisan anda perlu menyiapkan mental agar semua yang telah di siapkan tidak menjadi bleng, karena rasa gugup yang berlebihan.

فاذاعزمت فتوكل على الله “ maka apabila kamu telah berazam maka, bertawakal lah kepada Allah”

8. Meminta doa kepada orangtua

cara mujarab agar anda sukses dalam ujian, adalah keridoan orang tua, mintalah doa kepada mereka agar ujian anda lancar dan sesuai harapan. maka biasanya santri dipesantern sebelum ujian sudah mengantri di wartel untuk mengubungi orang tua, atau meminta untuk di jenguk

9. Lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT

Inilah point yang paling penting dari sebuah ujian, terlepas dari ujian kenaikan kelas atau ujian dalam hidup adalah agar kita mau kembali kepada Allah. Dengan ujian kita bedoa dan beribadah lebih husyu, Pintalah ampunan dan pertolongan kepada Allah SWT agar di mudahkan dalam ujian. Nabi Muhammada Saw. Bersabda “bersemangatlah atas apa yang bermanfaat bagi mu minta pertolongan lah kepada Allah SWT, janganlah engkau lemah (HR. Muslim)

Demikian 9 cara menghadapi ujian ala santri zaman now, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!