Improving Students Speaking Ability By Using Game
Menu

Improving Students Speaking Ability By Using Game

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Speaking adalah salah satu skill penting dalam bahasa inggris, Speaking juga merupakan sebuah hasil produktifitas seseorang setelah banyak mendengar dan juga membaca seputar bahasa inggris. Nyatanya banyak orang yang mahir dalam bahasa inggris seperti grammar namun lemah dalam berkomunikasi, maka dari itu Pesantren Darunnajah 2 Cipining terus berikan berbagai seminar ataupun mengikut sertakan para santrinya dalam berbagai ajang berbahasa di luar pesantren contohnya seperti lomba pidato, broadcasting, dll.

aaaaaBerbicara menggunakan bahasa inggris tentu memiliki tingkat kesulitannya tersendiri, seperti apa saja bahan yang akan disampaikan, cara penyampaian, intonasi, tekanan, mental dll. Tepat pada tanggal 21 Oktober 2016 lalu Pengurus Bagian Bahasa OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) mengadakan kegiatan motivasi dengan judul “Improving Students Speaking Ability By Using Game” bersama Usth. Putri Khoirunnisa selaku salah satu guru Bahasa Inggris di Pesantren Daunnajah Cipining. acara ini diikuti oleh seluruh santri putri kelas VII MTs s.d XI MA.

Training tersebut berlangsung pukul 06.00 WIB s.d 07.00 yang bertempatkan di Lap. Basket Asrama Kampus 1 Putri. Dalam kesempatan tersebut narasumber juga memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan dalam berbicara serta meningkatkan kemampuan berbicara khususnya menggunakan bahasa inggris. Diantaranya adalah:

  1. Speak Out Load!
  2. Develop Interpersonal Communication!
  3. Try to imitate the speakers you admire!
  4. Don’t speak too fast!
  5. Build your confidence!
  6. Use technology!
  7. Learn a new word everyday!
  8. Grow your vocabulary!
  9. Read more!
  10. Don’t be afraid to make mistakes!
  11. Practice a lot!

Setelah berbagai motivasi disampaikan full menggunakan bahasa inggris, acara dilanjutkan dengan bermain bersama. Adapun permainan yang diberikan meliputi Choose one adjective of your first name, game of preposition, finding the verb in the story, speaking test, spelling race relay dll. Selain itu kegiatan ditutup dengan beberapa review ataupun pertanyaan bagi seluruh peserta yang hadir.

Intinya dalam kesempatan ini Usth. Putri Khoirunnisa berpesan kepada seluruh santri untuk terus melatih kemampuan berbicara dalam bahasa inggris dengan serajin mungkin dan jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan dalam berbicara karna kesalahan merupakan sebuah bahan evaluasi agar kita bisa lebih baik lagi. Sebagaimana yang terdapat dalam sebuah wise words yakni “Practice Makes Perfect”, jadi kunci dari sebuah kesempurnaan adalah latihan dan jangan pernah takut mencoba.

Semoga dengan diadakannya berbagai kegiatan edukatif ini mampu menyemangati para santri darunnajah cipining untuk terus meningkatkan kualitas dalam berbahasa inggris.

(WARDAN/Annisa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan