Menu

Hubungan antara Sholat, Amanah dan Menempati Janji

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

By. Muhammad Irfanudin Kurniawan M.Ud

Dalam Surah Al-Ma’arij ayat 32 Allah subhanahu wata’ala berfirman,  وَٱلَّذِينَ هُمۡ لِأَمَـٰنَـٰتِہِمۡ وَعَهۡدِهِمۡ رَٲعُونَ

Yang artinya:
Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

And those who respect their trusts and covenants;

Penggalan ayat tersebut menerangkan ciri-ciri seorang yang sholat, di mana orang sholat tidak pernah mengeluh atau jarang mengeluh terhadap apa yang dialaminya.

Dalam surat Al-Ma’arij Allah menjelaskan dan menunjukkan beberapa ciri umum manusia, di mana mereka merupakan mahluk yang penuh dengan keluh dan kesah.

Ibarat kata diberi hujan, minta panas, diberi panas minta hujan, di kota minta ke kampung, di kampung minta ke kota. Jarang sekali mereka bersyukur dengan apa yang Allah berikan. Kecuali orang-orang yang senantiasa menjaga sholat. Karena sebagaimana yang ditegaskan dalam ayat yang lain bahwa sholat menjauhkan manusia dari kejelekan dan kemungkaran.

Keutamaan orang yang menjaga sholatnya, juga tercermin dalam ayat di atas. Bahwa orang yang menjaga sholat akan senantiasa amanah dan menepati janji.

Amanah yang merupakan salah satu sifat para nabi, dilatihkan kepada manusia dengan menjaga sholat. Bagaimana tidak, setiap hari minimal 5 kali dia melapor kepada Allah, kalau laporan itu dilakukan dengan sungguh-sungguh maka kepercayaan manusiapun akan terjaga padanya.

Begitupan dengan menepati janji, seorang yang senantiasa menjaga sholatnya dalam setiap waktu akan terlatih juga dalam menepati janji-janjinya terhadap manusia.

Dalam pendidikan di pesantren putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang, sholat merupakan salah satu komponen yang paling penting. Segala daya dan upaya dilakukan untuk menjadikan santri-santri menikmati sholatnya. Sehingga diharapkan merka akan menjadi manusia yang amanah dan menepati janji dalam kehidupannya.

*Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang*

Pondok Pesantren Putri Pertama di Tangerang Selatan.

Jl. Apel 1, no 2, atas Pamulang Estate, Pamulang Timur, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

WA: 081285178815, 087825502141
Web: www.darunnajah.com
FB: darunnajah9pamulang
Email: [email protected]
Tw: @darunnajah9
Yt : Pesantren Putri Darunnajah 9

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait